Kota JogjaNews

HKSN Momentum Perkokoh Solidaritas Indonesia

0
HKSN

STARJOGJA.COM, JOGJA – Tanggal 20 Desember diperingati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Peringatan tahun ini menjadi sebuah momentum bagi masyarakat Indonesia untuk bangkit. Pembatasan bukan menjadi sekat untuk berkarya dan peduli untuk sesama.

Drs. Junaedi, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DIY mengatakan untuk tema HKSN Tahun 2021 adalah “Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera”. Dari tema ini , masyarakat diajak untuk menggalang rasa kesetiakawanan sosial melawan Covid-19.

” HKSN 2021 ini diharapkan jadi momentum seluruh elemen masyarakat agar mampu mewujudkan kepedulian kepada sesama. Karena kesetiakawanan itu merupakan ciri adat budaya Bangsa Indonesia,” terangnya.

Tujuannya untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai- nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial. Sebagai stimulus gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat dalam bentuk apapun, sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial , meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial.

Ia mengakui Upaya menanamkan kesetiakawanan sosial di kalangan anak-anak muda menghadapi tantangan yang lebih berat. Untuk itu, Dinas Sosial mengajak para relawan sosial termasuk pensosmas untuk tanggap dan aktif dengan tantangan yang berat tersebut.

” Upaya untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan tidak bisa dilakukan cepat. Namun mesti dilakukan secara kontinyu dan mengajak seluruh elemen masyarakat,” lanjutnya.

Mita Adelia Rahmawati, Pensosmas DIY dari Bantul mengatakan saat ini kondisi sudah berubah, maka cara-cara untuk mengajak atau menanamkan rasa kesetiakawanan juga harus mengikuti zamannya. Era media sosial tidak akan bisa dibendung dan justru mesti dimanfaatkan untuk menebarkan nilai-nilai kebaikan tersebut.

“Justru kegiatan-kegiatan kesetiakawanan harus di share, agar menginspirasi orang lain,” kata

Korsel Gunakan Facial Recognition untuk Kenali Orang Terpapar Covid-19

Previous article

Ini Tips ciptakan suasana libur akhir tahun di rumah saja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja