News

Pelibatkan BUMN dan Perusahaan Swasta Dalam Penyelenggaraan Angkutan Jalan Perintis

0
Subsidi Angkutan Perintis
Angkutan Perintis (Foto : Dinas Perhubungan Aceh)

STARJOGJA.COM – Beroperasinya angkutan jalan perintis untuk menghubungkan antara daerah terisolir, terpencil, tertinggal dan perbatasan (3TP), karena tidak ada penyelenggaraan layanan transportasi lainnya dan secara aspek bisnis belum atau tidak menguntungkan.

Penyelenggaraan angkutan jalan perintis berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM Perhubungan 73 Tahun 2019 tentang Pemberian Subsidi Pelayanan Angkutan Jalan Perintis.

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat memaparkan, outcome pelayanan angkutan jalan perintis di bidang ekonomi adalah meningkatkan perekonomian suatu daerah yang telah dilayani oleh angkutan jalan perintis dengan mempermudah akses warga sekitar yang terisolir menuju pusat perekonomian di pusat kota.

“Pemberian subsidi angkutan jalan perintis merupakan perwujudan kehadiran pemerintah terhadap konektivitas wilayah terisolir dengan memberikan pelayanan Angkutan Umum yang terjangkau terutama di wilayah 3TP,” ungkap Djoko.

Jaringan trayek angkutan jalan perintis tahun 2022 yang dilaksanakan sebanyak 336 trayek dengan 597 kendaraan dan total anggaran Rp 125.159.942.000.

Jumlah trayek paling sedikit di Provinsi Jateng 1 trayek dan jumlah trayek terbanyak di Provinsi Papua 38 trayek. Panjang jalan adalah 33.969 kilometer. Panjang jalan yang rusak 4.478 kilometer (13,18 persen). Tidak ada jalan rusak berada di Provinsi Maluku Utara. Jalan rusak terpanjang berada (1.049 km) di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ada dua trayek Bus Perintis yang melayani Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yaitu Jayapura – PLBN Skow dan Merauke – PLBN Sota (Provinsi Papua).

Dijelaskan Djoko, trayek terpanjang adalah Ambon – Tutuktolu di Provinsi Maluku sepanjang 596 km dengan lama perjalanan sekitar 36 jam. Sedangkan rute terpendek berada di rute Sofifi – Kantor Gubernur di Provinsi Maluku Utara sepanjang 10 km dengan lama perjalanan 25 menit.

Baca Juga : Opini : Presidensi G20 Indonesia Dorong Penguatan Ekonomi Nasional Dan Global

Kendala dan solusi

Pertama, kendala kondisi medan jalan sulit dan putusnya jembatan yang menghubungkan wilayah tersebut. Apabila terjadi cuaca buruk dan bencana alam. Solusinya, menyelesaiankan masalah pada saat terjadi bencana alam yang mengakibatkan putusnya jalan yang melayani pelayanan Angkutan Jalan Perintis yaitu akan ada adendum kontrak yang disesuaikan dengan mengubah atau mengurangi sisa kontrak pelayanan.

Kedua, sulitnya mendapat Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di beberapa trayek khususnya di luar Pulau Jawa dan Bali. Solusinya adalah melakukan koordinasi dengan Kementerian ESDM, dan PT Pertamina. Hal  ini agar dapat memaksimalkan pendistribusian bahan bakar minyak bersubsidi di seluruh wilayah Indonesia.

Ketiga, kendaraan sudah mencapai umur teknis, sehingga mempengaruhi optimalisasi pelayanan. Solusinya adalah perlu  peremajaan kendaraan perintis untuk tetap dapat melayani kebutuhan masyarakat.

“Keterbatasan anggaran untuk mengoperasikan angkutan jalan perintis dengan melibatkan BUMN dan perushaaan swasta dalam hal pengadaan sarana,” ungkap Djoko.

Wilayah perbatasan yang sudah terbangun Pos Lintas Batas Batas Negara (PLBN) wajib lengkap dengan fasilitas layanan angkutan umum yang bermula dengan angkutan jalan perintis perlu sistem kontrak tahun jamak (multi years) agar operator dapat dengan mudah melakukan pengadaan sarana bus baru.

“Dengan sistem kontrak seperti itu dapat dengan mudah untuk mencari investor melalui pinjaman di perbankan. Kemudian dalam pengoperasian menerapkan dengan skema pembelian layanan (buy the service) dengan sistem pengawasan yang sederhana,”papar Djoko.

Harapan

Kolaborasi perlu ada semua pemangku kebijakan, baik antar-kementerian maupun antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemerintah harus hadir di tengah kesulitan masyarakat dalam mendapatkan transportasi.

“Masyarakat di wilayah pelosok semestinya bisa menikmati layanan angkutan perintis secara gratis,” pungkas Djoko. (Maylin Angelica)

 

 

Kirab 1000 Santri, Peringatan Hari Santri Nasional 2022

Previous article

Film Perempuan Bergaun Merah Trending, Ini Sinopsisnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News