Kab BantulNews

Bantul gagas menabung air

0
hujan lebat Yogyakarta
Ilustrasi hujan

StarJogja.com, JOGJA – Hujan masih sering terjadi di Jogja, namun demikian masyarakat diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi musim kemarau yang akan datang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, menggagas pembuatan sistem ‘menabung air’ sebagai upaya mengantisipasi kekeringan di wilayah tertentu akibat musim kemarau.

Dikutip dari Antara, Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto, mengatakan gagasan sistem ‘menabung air’ itu bisa diwujudkan dengan pembangunan sebuah tampungan air di wilayah-wilayah yang selama ini rawan kekeringan atau kesulitan air akibat musim kemarau karena daerah itu ada di perbukitan.

Oleh sebab itu, masyarakat yang tinggal di daerah rawan kekeringan tertarik mewujudkan sistem ‘nabung air’ yang digagas itu agar nantinya pemkab melalui BPBD bisa berupaya merealisasikan.

Ia mengatakan, di wilayah Bantul saat ini telah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau, sehingga musim kemarau 2017 diprediksikan mulai berlangsung pada pertengahan April nanti. (AM)

Pasar Tempel disiapkan sebagai sentra perdagangan terpadu

Previous article

Transportasi online dikabarkan menjadi sponsor Liga 1

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul