Kota JogjaNews

Jumlah Pengangguran Menurun hingga 2.263 Orang

0

Jumlah pengangguran di Kota Jogja pada 2015 menurun 2.263 orang. Tahun 2014, jumlahnya dari 13.137 orang, sedang 2015 menjadi 10.874 orang.
“Jumlah pengangguran tidak akan pernah nol karena setiap saat akan ada siswa yang lulus dari sekolah dan kemudian menjadi pencari kerja. Namun, pada tahun ini jumlahnya bisa berkurang karena ada berbagai upaya yang dilakukan,” kata Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Jogja, Iriyanto Edi Purnomo, Kamis (3/12/2015).

Menurut dia, sejumlah upaya yang dilakukan dinas seperti mengembangkan kerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk penempatan tenaga kerja dan melakukan berbagai pelatihan keterampilan serta kewirausahaan agar pencari kerja bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Pada tahun ini, total pencari kerja yang tercatat di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja karena membuat kartu kuning atau AK1 sebanyak 1.550 orang yang didominasi lulusan sarjana strata 1.
Hingga saat ini, jumlah pencari kerja yang sudah ditempatkan di berbagai perusahaan tercatat sebanyak 1.662 orang. Jumlahnya melebihi jumlah pencari kerja yang tercatat di dinas karena tidak semua pekerja yang ditempatkan mencari AK1.

Pengantar Kerja Madya Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja Sri Hartati mengatakan, pencari kerja yang mencari AK1 akan memperoleh banyak keuntungan, di antaranya menerima informasi mengenai lowongan kerja sesuai kompetensinya.

Belum lama ini, lanjut Sri Hartati, pihaknya menempatkan 13 tenaga kerja tuna rungu ke salah satu perusahaan retail besar di DIY.

Meskipun demikian, masih ada kendala yang dihadapi dinas dalam menempatkan tenaga kerja yaitu karakteristik pencari kerja asal Yogyakarta yang kerap memilih jabatan dan lokasi bekerja. “Sebenarnya, banyak permintaan dari Batam namun karena jauh banyak yang tidak mau,” katanya.

Selain penempatan tenaga kerja, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta juga menggelar berbagai pelatihan termasuk pelatihan untuk disabilitas.

Pemindahan Parkir Bertahap, Triwulan Pertama Ditarget Selesai

Previous article

Hati-Hati, Stres Bisa Sebabkan Rambut Rontok hingga Kulit Bersisik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja