Kota JogjaNews

Dua Area Ini Diusulkan Jadi Lokasi Parkir Bawah Tanah

0
Perda Perparkiran Yogyakarta

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mencetuskan kembali wacana parkir bawah tanah di sekitar Malioboro. Rencana fasilitas tersebut berada di daerah Titik Nol Jogja.

Sultan mengusulkan wacana pembuatan area parkir bawah tanah di selatan pasar Beringharjo dan di sepanjang Vrederburg. Dia menyadari usulan itu bukan perkara mudah untuk direalisasikan. Pasalnya perlu perencanaan yang matang untuk menentukan titik masuk dan keluar lokasi parkir bawah tanah. Beberapa usulan untuk membuat pintu masuk di depan Bank Indonesia sempat mengemuka tetapi ada permasalahan kemacetan yang akan muncul di Titik Nol bila titik masuk area parkir bawah tanah diposisikan disana.

“Nanti bisa lewat BI, tapi memacetkan jalan dari Ahmad Dahlan enggak? Nah ini perlu diperhitungkan, karena memang enggak semudah itu,” tutur dia.

Ide serupa beberapa tahun lalu sempat juga disampaikannya. Saat itu Sultan mengusulkan membuat parkir bawah tanah di Alun-alun Utara. Namun wacana itu segera memicu kontroversi. Karena terlalu banyak perdebatan, wacana itu pun dihentikan dan pembangunan parkir bawah tanah di Alun-alun Utara tak pernah terwujud.

“Sebetulnya waktu itu harapan saya di sepanjang Vrederburg, tapi wacana yang saya lempar waktu itu di Alun-alun,” kata Sultan.

Terpisah, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Hananto mengatakan wacana Sultan mungkin saja dilakukan. Dalam Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah yang dimiliki Pemda DIY sudah ada rencana tentang fasilitas perkotaan di bawah tanah. RTRW Provinsi itu menurutnya tak mengatur secara spesifik tentang peruntukan fasilitas perkotaan bawah tanah sehingga bila ada rencana pembangunan parkir bawah tanah maka rencana itu tetap sesuai dengan RTRW yang sudah disusun.

998 Gram Sabu-sabu Dimusnahkan dengan Campuran Air Panas

Previous article

Begini Cara Atasi Wifi Ponsel Mati

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja