Kota JogjaNews

Nyamuk Aedes Aegypti Ber-Wolbachia Siap Dilepas di Kota Jogja

0
DBD Kulonprogo
Nyamuk DBD (Antara)

Eliminate Dengue Project (EDP) Jogja siap melepaskan telur nyamuk Aedes aegypti yang mengandung bakteri Wolbachia ke sejumlah rumah warga Kota Jogja, pada Agustus 2016 mendatang. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi jumlah kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

Peneliti EDP Jogja Eggi Arguni menuturkan, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang akan menjadi lokasi pelepasan telur nyamuk ber-Wobachia karena kasus DBD di Kota Jogja terhitung tertinggi di Indonesia.

Selain itu EDP ingin membuktikan teknologi nyamuk mengandung Wolbachia ini bisa benar-benar mengurangi kasus DBD, terlebih mengingat Kota Jogja memiliki masyarakat yang padat dan menjadi lokasi sebaran penelitian lebih luas, dibanding dua sampel lokasi di kabupaten sebelumnya, Sleman dan Bantul.

Nantinya, peneliti membagi wilayah menjadi dua area, yang pertama area pelepasan, berada di Kecamatan Tegalrejo, ke selatan, separuh bagian Wirobrajan dan yang kedua yaitu area kontrol di Kotagede. Untuk sejumlah titik lainnya akan menjadi lokasi pelepasan dan kontrol yang ditentukan secara acak.

Tiga Tanda Pasangan Nyaman di Sisi Anda

Previous article

KPU Kota Jogja Buka Kesempatan Jadi PPK dan PPS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja