Kab BantulNews

Liburan Panjang Tambah Volume Sampah di Pantai Parangtritis

0
objek wisata Bantul
Ilustrasi wisata di Pantai parangtritis sebelum pandemi(JIBI)

Volume sampah di kawasan objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat libur Tahun Baru 2016 diprediksikan melonjak dibandingkan hari biasa.

“Kalau tahun baru begini, sehari bisa mengangkut enam rit atau enam truk sampah, naiknya beberapa kali lipat dibanding hari biasa,” kata Kepala UPT Kebersihan, Persampahan, Pertamanan dan Pemakaman Dinas Pekerjaan Umum Bantul, Surono di Bantul, Jumat.

Padahal pada hari biasa, katanya, petugas kebersihan UPT ini mengangkut sampah dua hari sekali di Tempat Pembuangan Sementara Pantai Parangtritis, namun rata-rata hanya mendapat satu rit atau satu truk sampah.

Ia mengatakan berbagai jenis sampah yang dijumpai saat libur perayaan tahun baru mayoritas plastik, botol minuman kemasan, dan kertas koran alas duduk wisatawan. Sampah-sampah ini yang dibersihkan petugas kebersihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul.

“Dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang mengumpulkan sampah ke tempat pembuangan sementara, sedangkan kami yang bertugas mengangkut ke TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) Piyungan,” katanya.

Selain di Pantai Parangtritis, kata dia, lonjakan sampah terjadi di sejumlah area yang menjadi tempat berkumpul masyarakat untuk perayaan pergantian tahun dan libur Tahun Baru 2016 seperti objek wisata pantai lainnya.

Waspadai Potensi Penyakit di 2017 Berikut Ini

Previous article

Scarlett Johansson Aktris Terkaya 2016

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul