Flash InfoLifestyleSport

Hati-hati Penggunaan earphone pengaruhi ketulian

0

StarJogja.com, JOGJA – Hati-hati, ternyata kebiasaan memakai earphone ternyata berdampak terhadap kondisi kesehatan telinga. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh anak muda, deangan kata lain berarti  anak muda kini akan lebih rentan mengalami ketulian karena kebiasaan mendengarkan musik dengan volume tinggi dalam durasi yang panjang lewat telepon genggam mereka.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) Soekirman Soekin mengatakan, gangguan pendengaran akibat bising dapat bersifat sementara atau permanen. Sementara artinya pendengaran dapat pulih setelah beberapa jam meninggalkan tempat bising.

Soekirman menambahkan ketulian akibat bising tersebut biasanya terjadi pada kedua telinga. Kemampuan seseorang mendengar pun akan berkurang sebanyak 40-75 desibel (dB).

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi ketulian tersebut seperti intensitas seseorang dalam menerima kebisingan, frekuensi kebisingan, kerentanan individu, jenis kelamin, usia dan kelainan di telinga tengah.

Meski demikian, ketulian akibat bising masih dapat dicegah. Soekirman mengatakan pencegahan dapat dilakukan dengan membatasi volume dan durasi penggunaan perangkat audio.

Selain itu, pencegahan juga dapat dilakukan dengan menghindari lingkungan yang bising, menghindari suara keras, menggunakan alat pelindung telinga saat bekerja dan mengurangi intensitas sumber bising pada pekerja industri.

Jadi apakah anda masih akan sering menggunakan earphone secara berlebihan?. (AM)

Latihan bebas Moto GP Qatar, Maverick Vinales tampil luar biasa

Previous article

Hati-hati Penggunaan earphone pengaruhi ketulian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info