Kota JogjaNews

Maret 2017, DIY Mengalami Deflasi

0
BI QRIS
Ilustrasi Kantor Bank Indonesia Yogyakarta

Star Jogja – Yogyakarta. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Maret 2017 mengalami deflasi sebesar 0,06 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan angka deflasi secara nasional yang tercatat sebesar 0,02 persen.

Budi Hanoto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY dalam rilisnya menyatakan Angka deflasi DIY ini lebih rendah dibandingkan dengan angka dengan sejumlah kota di Jawa. Di antaranya, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tercatat inflasi 0,05 persen, Bandung deflasi sebesar 0,02 persen, dan Serang inflasi 0,29 persen.Ia menyebut Menurunnya tekanan inflasi,yang bersumber dari kelompok volatile food dan kelompok inti. Sedangkan peningkatan administered prices bisa menahan deflasi lebih dalam.

Lebih lanjut Budi Hanoto mengatakan kelompok volatile food tercatat deflasi 0,85 persen. Angka ini menurun tajam dibandingkan dengan Februari 2017 yang tercatat mengalami inflasi 0,37 persen. Hal ini disebabkan adanya penurunan inflasi sejumlah komoditas bahan makanan antara lain, beras, cabai merah dan cabai rawit. Ketiga komoditas ini mengalami panen perdana bulan Maret 2017, sehingga menyebabkan penurunan tekanan inflasi volatile food.( Den)

Nelayan DIY akan dibantu alat canggih pendeteksi ikan dan gelombang

Previous article

Hadiah Harus Tersedia Sebelum Penyelenggaran UGB

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja