Kab BantulKota JogjaNews

Nelayan DIY akan dibantu alat canggih pendeteksi ikan dan gelombang

0
nelayan Bantul

StarJogja.com, JOGJA – Kabar baik bagi nelayan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) DIY bekerjasama dengan LAPAN Bandung dalam rangka meningkatkan kemampuan nelayan untuk beralihteknologi. Ke depan kapal nelayan DIY akan dipasang alat deteksi ikan dengan berbasis citra satelit.

Dikutip dari Harian Jogja.com,Kepala Dislautkan DIY Sigit Sapto Raharjo menjelaskan, untuk mendorong terjadinya alihteknologi nelayan dari manual menuju digital, pihaknya bekerjasama dengan Lapan Bandung. Salahsatunya dengan mempersiapkan alat pendeteksi ikan di laut, sehingga nelayan dapat menentukan dan memantau letak perairan yang ada banyak potensi ikan. Kerjasama itu telah berlangsung sejak 2016 silam dan tahun ini mulai dilakukan pelatihan terhadap nelayan untuk menggunakan alat tersebut.

Sapto mengatakan dengan alat tersebut akan memudahkan nelayan, misal sekarang di sana ada ikan Tuna. Nelayan tidak perlu susah kemana-mana, langsung menuju ke tempat tersebut. Selain itu untuk manajemen resiko, dengan alat itu tahu bahwa gelombangnya besar atau tidak.

Kepala Bidang Perikanan Dislautkan DIY Suwarman Partosuwiryo menambahkan, aplikasi itu berbasis citra satelit. Piranti utama alat pendeteksi itu adalah fish finder atau echo sounder serta global positioning system (GPS). Receiver untuk pendeteksi bisa dipasang di atas kapal. Dengan alat tersebut nelayan dapat membawanya melaut sembari memantau keberadaan ikan.

Jika alat sudah dihidupkan maka dapat memantau titik koordinat, gerombolan ikan posisi ikan, arah berenangnya ikan, kedalaman laut hingga arah gelombang. Suhu permukaan laut dan kecerahan air laut juga dapat muncul di alat tersebut. Dengan mengolah data dari alat deteksi itu, maka nelayan dengan mudah menentukan lokasi penangkapan ikan. (AM)

Waduh…Ratusan tower di Bantul tak berizin

Previous article

Maret 2017, DIY Mengalami Deflasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul