Flash InfoTechno

Ride Sharing Turunkan Penggunaan Kendaraan Pribadi

0

STARJOGJA- JOGJA. Kehadiran layanan ride sharing berdampak bagi perubahan pola penggunaan kendaraan pribadi. Tidak hanya itu, dengan adanya transportasi bersama mampu mengurangi beban perjalanan hingga triliunan rupiah.Hal tersebut tertuang dari penelitian yang dilakukan AlphaBeta. Mereka melakukan survei di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Melibatkan 4.000 mitra driver dan 1.000 pengguna Uber.

Hasil penelitian yang berjudul “Meninjau Kembali Mobilitas Urban di Indonesia: Peran Layanan Mobilitas Bersama” ini menjadi topik bahasan dalam acara diskusi yang diselenggarakan oleh Uber, sebuah perusahaan aplikasi jaringan transportasi, di Hotel 101 Yogyakarta, Selasa (6/6). Hadir dua pembicara yaitu John Colombo selaku Head of Public Policy and Goverment Relations Uber Indonesia, dan Presidium Masyarakat Transportasi Indonesia, Muslich Zainal Asikin.

Temuan utama dari penelitan tersebut antara lain adalah bahwa ride sharing meningkatkan efisiensi ekonomi dan produktivitas, meningkatkan inklusivitas & kesejahteraan, mengurangi beban lingkungan hidup, mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, dan mendorong penggunaan transportasi multimoda.

John Colombo mengatakan bahwa pihaknya bukan merupakan saingan bagi transportasi lain, namun bersifat komplementer. Ia juga menambahkan bahwa semakin banyak pengguna Uber, akan semakin banyak pula yang mengkombinasikan Uber dengan transportasi lainnya.

AlphaBeta melihat pertumbuhan paling pesat di Indonesia dalam 15 tahun ke depan akan terjadi di kota menengah, seperti Pekanbaru, Palembang, Semarang dan Makassar. Mereka memperkirakan akan ada lebih dari 30 juta orang pindah ke wilayah perkotaan di Indonesia pada tahun 2020.Karena itu AlphaBeta melihat mobilitas bersama punya peran penting. Jika dirancang dengan tepat dampaknya akan cukup besar dirasakan.(DEN)

68 CCTV untuk Atasi Kemacetan di DIY

Previous article

Masyarakat Mulai Serbu Penukaran Uang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info