Kab KulonprogoNews

Jelang arus mudik Kulon Progo prioritaskan pemasangan LPJU

0
Smart Safety Lamp and Alarm

Starjogja.com, Kulon Progo – Program 100 hari kerja yang disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kulonprogo cenderung berkaitan dengan persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran. Percepatan pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) menjadi salah satu prioritas.

Kepala Dishub Kulonprogo, Nugroho mengatakan, pemasangan LPJU akan dilaksanakan pada lebih dari 300 titik tahun ini. Sebanyak 257 titik menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kulonprogo, 40 titik dengan dukungan APBD DIY, dan 40 titik lagi yang mendapatkan alokasi dari pusat.

Sebenarnya, kebutuhan LPJU di Kulonprogo mencapai 20.000 unit sedangkan yang terpasang baru sekitar 2.000 unit. Meski masih jauh dari kata ideal, Pemkab Kulonprogo terus berusaha memenuhi kebutuhan tersebut secara bertahap.

Nugroho menjelaskan, LPJU baru dipasang di ruas jalan strategis yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan. Dia berharap fasilitas tersebut dapat membantu mencegah kecelakaan lalu lintas yang rawan terjadi akibat kurangnya penerangan di jalan.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo yang baru saja menjabat kembali sebagai Bupati kepada Harianjogja.com, mengungkapkan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sektor perhubungan di Kulonprogo untuk lima tahun mendatang. Sistem transportasi umum perlu didesain agar lebih mendukung konektivitas antardaerah. Dia lalu meminta Dishub Kulonprogo aktif berkoordinasi dengan Dishub DIY serta PT Angkasa Pura I dan PT KAI terkait pengaturan lalu lintas di kawasan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan sekitarnya nanti. (Am)

 

PPDB, Sekolah harus utamakan calon siswa terdekat

Previous article

Berjualan miras saat ramadhan akan disita

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *