Kab GunungkidulNews

Masyarakat Temon kembangkan batik dengan motif lokal

0
batik Shibori
Ilustrasi Pengerajin Batik

Starjogja.com, Kulon Progo – Warga Desa Temon Wetan, Kabupaten Kulon Progo,  mulai memproduksi batik bermotif potensi lokal setelah mengikuti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dengan pelatihan membatik selama satu bulan.
Anggota Kelompok Batik Canting Manis Temon Wetan Noviana Mariska di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pada 2013 dan 2014, warga mendapat pelatihan membantik melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).
Ia mengatakan seiring tingginya permintaan atas produksi batik, pembatik membuat kelompok Batik Canting Manis dan sudah berbadan hukum. Setelah itu, Dinas Perdagangan dan Balai Latihan Kerja memberikan pendampingan dan pelatihan. Usaha batik warga Temon Wetan berkembang pesat.

Anggota Batik Canting Manis Temon Wetan Sari Yuli Estri mengatakan motif yang dikembangkan kelompok Canting Manis terinspirasi alam di sekitar. Motif yang dikembangkan seperti motif bambu, daun lompong, dan burung bangau yang beterbangan saat musim tanam.

“Kami masih mencari dan mengembangkan motif yang bisa menjadi identitas Batik Canting Manis. Sejauh dari permintaan dalam pameran, motif burung bangau yang paling laris. Ke depan, kami akan fokuskan pada motif ini dan kami kreasikan dengan motif lain,” katanya.

Ia mengatakan harga batik yang ditawarkan Cangting Manis mulai dari Rp100 ribu hingga Rp150 ribu per lembar. Harga batik cap rata-rata Rp100 ribu dan batik tulis rata-rata Rp150 ribu per lembar.

Sari mengatakan pemasaran Batik Cantinf Manis mulai dari mengikuti pameran hingga dijual secara daring. “Berbagai upaya kami lakukan untuk pemasaran batik produksi kelompok kami,” katanya.

Kepala Desa Temon Wetan Puji Purwaningsih mengatakan pemerintah desa mendorong kelompok Batik Canting Manis berinovasi, kreatif dan terampil memproduksi batik yang berkualitas.

Ia berharap batik buatan warganya dapat dijual saat bandara beroperasi nanti. Sehingga, warganya tidak hanya sebagai penonton. “Pada 2018, kami akan memberikan peralatan membatik, supaya pembatik lebih bersemangat dan inovatif dalam membantik,” katanya, demikian seperti ditulis Antara.

Pojok Baca Jadi Upaya Meningkatkan Minat Baca di Sleman

Previous article

Musim hujan datang jangan lupa perhatikan kondisi ban anda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *