Kota JogjaNews

Dishub Minta Motor Tidak Gunakan Ruang tunggu Sepeda

0

STARJOGJA,JOGJA – Pemerintah Kota Jogja, melalui Dinas Perhubungan, terus berusaha menghadirkan fasilitas yang bisa membuat para pesepeda nyaman dalam bepergian.Fasilitas itu antara lain jalur sepeda,pemasangan rambu jalur alternatif bagi penyepeda serta di setiap persimpangan dibuat marka ruang tunggu sepeda.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja Golkari Made Yulianto menyampaikan, panjang jalur sepeda yang telah disediakan sampai saat ini adalah 172.562 meter dan rencananya akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan dan hasil kajian di lapangan.

“Ini adalah upaya untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna sepeda,” ujarnya berbincang bersama Star Jogja dalam Program Lintas Kota ,Jumat (20/10/2017)

Hanya saja,Made mengakui jalur sepeda yang ada selama ini memang kerap disalahgunakan oleh masyarakat, terutama untuk parkir sepeda motor sehingga membuat hak pesepeda menjadi tergerus.Menurutnya,Dinas Perhubungan Kota Jogja juga telah menyiapkan ruang tunggu sepeda di jalan-jalan yang ada jalur sepedanya. Ruang tunggu sepeda ditempatkan pada simpang-simpang jalan dengan ciri-ciri berbentuk kotak, berwarna hijau, dan terdapat gambar sepeda di tengahnya.

” Kesadaran pengendara kendaraan bermotor harus terus ditingkatkan agar tidak memanfaatkan ruang tunggu pesepeda”tambahnya.

Ia juga menyebut pemkot tengah membahas program ekodistrik.Program ini masih dibahas di Bapeda.Eco District bertujuannya untuk membuat kawasan ramah lingkungan.Salah satu rencananya adalah membuat jalur khusus sepeda yang kira-kira membentang dari Kotagede sampai Xt Square.(MJ/DEN)

Jogja Republik Onthel (JRO) 2017 Ajak masyarakat kembali Bersepeda

Previous article

Keluarga Punya Peran Strategis Tangkal Radikalisme

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja