Kota JogjaNews

Rujuk Balik Mudahkan Pengobatan Penderita Penyakit Kronis

0

STARJOGJA, JOGJA – Bagi masyarakat yang menderita penyakit kronis dan rutin kontrol ke dokter, tak perlu risau. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, klinik dokter atau bidan, bisa melayani meneruskan pengobatan.

Shelly Pheny, Staff BPJS Kesehatan Sleman menyebutkan Program ini merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Faskes tingkat 1 atas rekomendasi atau rujukan dari dokter spesialis yang merawat.

Dengan adanya program rujuk balik ini ini maka pasien yang memiliki penyakit kronis tidak harus selalu datang berobat jalan ke rumah sakit untuk mendapatkan resep dari dokter spesialis, mereka cukup datang ke faskes tingkat satu (faskes tk 1) dengan membawa berkas rujuk balik untuk dibuatkan salinan resep dari dokter spesialis untuk di tebus di apotek-apotek yang sudah bekerja sama dengan BPJS kesehatan guna mendapatkan obat fornas( formularium nasional) yang sudah dijamin bpjs.

” FKTP akan memberikan obat dengan jenis dan jumlah yang sama dengan obat yang diberikan saat pasien konsultasi dengan dokter di rumah sakit. Obat itu juga untuk konsumsi 1 bulan'” ungkapnya.

Program rujuk balik ini sebenarnya mempermudah pelayanan bpjs untuk pasien yang memiliki penyakir kronis, setiap kali mereka ingin mendapatkan layanan dari dokter spesialis guna mendapatkan pengobatan, mereka tidak harus setiap kali berobat ke rumah sakit dengan antri berjam-jam, cukup berobat di faskes tingkat 1 dengan membawa berkas rujuk balik yang sudah dimiliki.

Pelayanan Program Rujuk Balik (PRB) diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, khususnya penyakit diabetes melitus, hipertensi, jantung, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), epilepsi, stroke, schizophrenia, dan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang sudah terkontrol atau stabil, namun masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan dalam jangka panjang.

 

Ini Dia Makanan “Wajib” Saat Musim Hujan

Previous article

Sleman Penyelenggara Haji Terbaik Se DIY 2017

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja