Kota JogjaNews

Badai Cempaka pengaruhi cuaca ekstrim di DIY

0
tahun 2020 tidak terjadi El Nino

Starjogja.com, Jogja – Hujan yang mengguyur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama dua hari terahir berdampak pada terjadinya genangan air dan juga banjir serta bencana alam lainnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY mengeluarkan peringatan dini cuaca di DIY di mana Badai Cempaka masih akan berdampak pada wilayah DIY pada 28-30 November 2017.

Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi, BMKG DIY Djoko Budiyono mengatakan, Badai Cempaka di perairan Selatan Jawa, bergerak ke arah timur mengakibatkan belokan angin. “Badai Cempaka meningkatkan pertumbuhan awan hujan di atas DIY,” ujarnya kepada wartawan Jaringan Bisnis Indonesia.

Untuk potensi hujan sedang hingga sangat lebat akan terjadi di sebagian besar Kabupaten Sleman, Jogja, sebagian besar Kabupaten Kulonprogo, Bantul bagian selatan, dan sebagian besar Kabupaten Gunungkidul. Potensi peningkatan kecepatan angin di sebagian besar Kabupaten Sleman, sebagian besar Kabupaten Kulonprogo, dan sebagian besar Kabupaten Gunungkidul. “Sementara itu, potensi gelombang tinggi di perairan Selatan DIY antara 2,5-6,0 meter,” tutupnya.

 

(Am, Jibi)

Rumah Warga Terdampak Bandara Kulonprogo Dibongkar Paksa

Previous article

Fasilitas umum masih dirasa kurang ramah terhadap kaum difabel

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja