Kota JogjaNews

DPRD Dukung Kebijakan Tanggap Darurat di DIY

0

STARJOGJA, JOGJA – Perempuan, lansia dan anak yang terdampak bencana alam membutuhkan perhatian lebih terutama untuk pelayanan dasar kesehatan.Warga yang terdampak di daerah aliran sungai juga perlu waspada atas bencana longsor susulan yang bisa terjadi di puncak musim penghujan.

“Warga di sekitar aliran sungai harus pahami kawasan rawan bencana dan ancaman bahaya longsor, untuk penanganan warga terdampak kita ingin pastikan terlayani kebutuhan dengan baik. Saya lihat tadi di Jlagran, terutama yang dipinggir sungai ada rekahan yang cukup panjang. Ini berpotensi longsor sehingga kita harap pemda lekas pasang rambu untuk mengingatkan agar warga tidak beraktifitas dikawasan yang rawan bencana,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY.

Ia menegaskan hal ini saat melakukan kunjungan didampingi pejabat BPBD DIY dan BPBD Kota Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut Eko Suwanto beserta pejabat dari Pemda juga menemui keluarga korban yang meninggal akibat longsor sekaligus mengunjungi rumah korban di daerah Jlagran Juminahan Yogyakarta, Minggu, 3/12/2017.

Secara khusus, upaya penanganan dampak bencana akan lebih efektif berjalan saat ada gotong royong bersama antar beragam elemen masyarakat. Lewat kerja gotong royong ini langkah penanggulangan bencana bisa lebih efektif.

“DPRD berikan dukungan kepada pemda dan masyarakat bersatu padu mengatasi semua masalah yang timbul akibat bencana. DPRD juga dukung politik anggaran untuk selesaikan masalah akibat bencana ini, ” kata Eko Suwanto Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY.

Berdasarkan temuan lapangan, Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY memberikan rekomendasi agar pemerintah daerah untuk terus berkonsentrasi pada keselamatan warga.

“Kita dukung Pemda DIY khususnya BPBD melaksanakan kebijakan tanggap darurat sampai 14 desember 2017, selanjutnya mengambil kebijakan untuk rehabilitasi dan rekontruksi. Informasinya pemda termasuk PU akan rapat Senin. Dengan pemetaan masalah yang baik, Pemda dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat,” kata politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto.(den)

 

Jangan Lewatkan Grebeg UMKM di Hari terakhir

Previous article

Pedagang Mengaku Rugi Selama Pasar Malam Perayaan Sekaten

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja