Kab GunungkidulNews

Ribuan Warga Usia Lanjut di Gunung Kidul Belum Rekam e-KTP

0
Kesepian

Starjogja.com, Gunung Kidul – Sedikitnya 5.300an warga lanjut usia dan jompo belum melakukan perekaman data Kartu KTP elektronik (e-KTP). Untuk memaksimalkan perekamanan ini, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil akan melakukan sistem jemput bola ke masyarakat.

Hingga saat ini, warga yang telah melakukan perekaman mencapai 97,30%. Ditargetkan di 2018 mendatang seluruh warga telah melakukan perekaman kartu tanda penduduk berbasis chip ini.

Kepala Disdukcapil Gunung Kidul Eko Subiantoro, seperti dikutip dari Harianjogja.com mengatakan, belum seluruh masyarakat memiliki KTP elektronik. Ini lantaran masih ada sekitar 2,70% warga yang belum melakukan perekaman. Dari jumlah tersebut 1,705 atau 8.330 warga terdiri dari orang jompo atau lansia yang mengalami sakit keras. Sedang sisanya terdiri dari warga yang bekerja di luar daerah sehingga belum dapat melakukan perekaman.

Menurut dia, untuk memaksimalkan perekaman, Disdukcapil telah menerapkan sistem jemput bola. Kendati demikian, perekaman yang mendatangi rumah-rumah tidak dilakukan ke semua orang karena difokuskan bagi lansia, orang jompo hingga penyandang disabilitas. “Kalau warga biasa harus merekam ke kecamatan setempat,” ujarnya.

(Am)

3 cara jitu atasi mabuk kendaraan pada musim liburan

Previous article

1.100 rumah mendapat bantuan bedah rumah selama 5 tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *