Kab GunungkidulNews

Warga Dihimbau Hindari Lokasi Tanah Ambles

0

STARJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul mengimbau warga Watu Mengkurep, Desa Petir Kecamatan Rongkop menghindari lokasi tanah ambles yang mengintai permukiman warga.

Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul Edy Basuki juga menghimbau warga mewaspadai tanah longsor dan banjir. Dua bencana tersebut menjadi bencana yang sekarang akrab ketika hujan mengguyur berjam-jam.

“Salah satu titik yang rawan banjir berada di kawasan Sungai Oya yang melintas di Kecamatan Semin, Playen, dan Karangmojo,” katanya.

Kepala Dusun Watu Mengkurep Sumarman mengatakan bahwa bencana tanah ambles terjadi di Dusun Watu Mengkurep, tanah ambles sepanjang 20 meter kedalaman hampir 1 meter.

“Lokasi tanah ambles tidak hanya di satu titik, fenomena tanah ambles ini terjadi di dua lokasi yang hampir berdekatan,” katanya.

Tanah ambles ini diduga terjadi dikarenakan curah hujan tinggi yang mengakibatkan tanah yang berada di bagian bawah bumi tidak kuat untuk menahan debit air sehingga tanah tiba-tiba ambles.

Ia mengatakan bahwa fenomena tanah ambles ini terjadi pada waktu yang hampir bersamaan. Pada saat itu hujan deras sedang menerjang kawasan desa petir yang mengakibatkan sejumlah tanah ambles.(Antara)

Reklame Tak Berizin di Jogja Timbulkan Kerugian Miliaran Rupiah

Previous article

Kuota Taksi Online Jogja Ditetapkan April

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *