Kota JogjaNews

Ini Cara Bertransaksi Non Tunai yang Aman dan Benar

0

STARJOGJA.COM,JOGJA- Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta mengajak masyarakat untuk mempelajari cara bertransaksi non tunai yang aman dan benar

Melalui rilis yang diterima Starjogja.Com, Senin (19/3/2018), BI menyatakan masyarakat wajib mempelajari cara bertransaksi non-tunai yang aman dan benar. Langkah itu penting untuk mencegah data pribadi dan data transaksi bocor ke orang lain.

Saat bertransaksi, jaga kartu non-tunai dengan baik dan aman, gunakan hanya untuk melakukan transaksi pembayaran serta simpan bukti dan lakukan pengecekan transaksi secara berkala.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat transaksi, yakni jangan gunakan untuk transaksi yang melanggar ketentuan, jangan gunakan di mesin lain selain EDC dan selalu awasi penggunaanya.

Kemudian, jangan abaikan notifikasi transaksi dan segera laporkan bila terjadi transaksi yang tidak dilakukan. Jangan alihkan perhatian saat bertransaksi dan jangan gunakan di merchant/pedagang yang mengenakan biaya transaksi.

Mengenai informasi transaksi, BI meminta masyarakat menjaga kerahasiaan PIN, username, dan pasword.Hindari PIN yang mudah ditebak dan ganti secara berkala dan nomor HP terkini untuk mendapatkan notifikasi transaksi.

Saat bertransaksi online , BI meminta masyarakat menggunakan perangkat di jaringan yang aman dan selalu waspada terhadap aplikasi yang berisikan virus atau malware berbahaya

Kepada masayrakat,BI Yogyakarta juga meminta mereka agar waspada penipuan dengan modus kenaikan limit, hadiah, dan diskon. BI Yogyakarta meminta masyarakat tidak mudah memberikan data pribadinya apalagi memberikan kartu non tunainya kepada orang lain.Jika mengalami kehilangan kartu maka segera hub call center bank penerbit.(DEN)

INFO LALIN : Simpang Titik O Ramai Lancar

Previous article

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Kevin/Marcus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja