Kab SlemanNews

Mahasiswa UGM Juara Kompetisi MUN di Malaysia

0

STARJOGJA.COM.SLEMAN – Mahasiswa UGM kembali menorehkan prestasi di ajang internasional. Kali ini, mahasiswa Departemen Hubungan Internasional UGM, Angelo Abil Wijaya, menjuarai konferensi internasional yang diadakan di Malaysia. Ia dianugerahi penghargaan “Outstanding Delegate” dalam ajang Malaysian National Model United Nations di Kuala Lumpur, Malaysia pada 30 Maret hingga 1 April 2018.

“Konferensi ini dihadiri kira-kira 400 delegasi dari berbagai negara di dunia. Cukup senang karena meskipun persiapan yang singkat dan di tengah kesibukan ujian tengah semester, tapi saya masih dapat menorehkan prestasi di kancah internasional,” tutur Angelo, seperti dikutip dari situs UGM.

Angelo menjuarai simulasi Komite Pertama Sidang Umum PBB (The First Committee of the General Assembly) dengan topik Measures to Address Illicit Trade in Small Arms. Ia menuturkan sebelum konferensi para peserta diharapkan untuk mengumpulkan kertas posisi yang berisi informasi awal posisi negara yang mengikuti simulasi Sidang Umum PBB tersebut.

“Saya menghabiskan beberapa hari untuk mengerjakan kertas posisi tersebut karena diperlukan riset mendalam agar konten kertas posisi tersebut akurat dan sesuai dengan fakta,” jelasnya mengenai persiapan yang ia lakukan untuk kompetisi ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selama konferensi para peserta memberikan pernyataan-pernyataan di depan komite layaknya seorang diplomat di PBB. Dalam konferensi ini, peserta juga diharapkan untuk menghasilkan dokumen berupa kertas kerja dan juga rancangan resolusi. Ia sendiri mengaku sempat beberapa kali mewakili banyak delegasi lain untuk menjadi sponsor atau pengusung sekaligus pembuat dokumen-dokumen tersebut.

Keikutsertaannya dalam ajang ini, menurut Angelo, merupakan suatu kesempatan untuk tidak hanya menghasilkan prestasi yang melambungkan nama baik UGM, tetapi juga mengasah kemampuan akademisnya. Baginya, pengalaman serta kemampuan yang ia dapatkan melalui ajang ini menjadi bekal baginya untuk terus mengembangkan diri melalui proses kreatif di samping kegiatan perkuliahan.(DEN/HumasUGM)

Di Negara Ini, Mengintip Ponsel Pasangan Bisa Dipenjara

Previous article

Bupati Lantik Abdi Dalem Wewengkon Kabupaten Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman