Kab SlemanNews

2 Mahasiswa FMIPA UNY Raih Juara 1 MTQ

0

STARJOGJA.SLEMAN – Mahasiswa FMIPA UNY yang terdiri dari Anifatuz Zahroh dan Vicky Fithrotun Nisa berhasil meraih juara 1 lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi DIY.  MTQ diselenggarakan oleh Kementerian Agama DIY, di Kabupaten Bantul, 17-19 April 2018.

Pada kesempatan tersebut, Anifatuz Zahroh (Prodi Matematika) berhasil meraih juara 1 dalam cabang lomba kaligrafi dekorasi dan Vicky Fithrotun Nisa (Prodi Biologi) berhasil meraih juara 1 dalam cabang lomba tafsir bahasa arab.

Pada perlombaan tersebut Vicky menjelaskan bahwa cabang perlombaan tafsir bahasa arab setiap peserta berlomba membaca Al-Qur’an dengan hafalan (Hifzil Qur’an) dan menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu mengungkapkan makna dan isi serta kandungan ayat pada juz tertentu dangan bahasa Arab (Tafsir Al-Qur’an dalam bahasa Arab) dengan diharuskan hafal Al-Qur’an 30 juz.

Sedangkan, Anifatuz Zahroh mengatakan, cabang Musabaqoh Khattil yang diperlombakan terdapat 4 golongan yaitu golongan tulisan naskah atau juga tulisan buku, golongan hiasan mushaf, golongan dekorasi dan golongan kontemporer.

Pada MTQ DIY ini, Anif mengikuti golongan dekorasi. Pada perlombaan dekorasi yang lebih banyak berperan adalah desain hiasan/iluminasi, jadi imajinasi dalam memberikan sentuhan seni sangat berperan dominan untuk menjadikan dekorasi yang indah dan serasi.

Menurutnya, golongan dekorasi cukup rumit dan susah, karena yang ditekankan dalam perlombaan dekorasi adalah kaidah tulisan, keindahan dekorasi dan harus menguasai 7 jenis khat yaitu tsuluts, naskhi, diwani, diwani jali, riq’ah, farisi dan kufi. Lomba dekorasi  cukup melelahkan dan menguras tenaga karena dikerjakan di sebuah triplek berukuran 120 cm x 80 cm dan harus selesai dalam waktu 8 jam.(DEN/uny.ac.id)

UNBK Hari II di Gunungkidul Terganggu Listrik Padam

Previous article

Angin Puting Beliung Landa Baciro dan Sorowajan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman