Kota JogjaNews

Sultan: Faktor Kejutan Picu Inflasi di Indonesia

0
sultan pkl
FOTO : Harian Jogja

Starjogja.com, Jogja – Pengendalian inflasi menjadi tugas Pemerintah, baik pusat maupun daerah. Dalam pengendalian inflasi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pengendalian inflasi nasional membutuhkan sinergitas dan harmonisasi kebijakan antardaerah untuk menjaga stabilitas perekonomian di daerah.

“Sinergitas antardaerah sendiri, diperlukan guna memperkuat efektivitas pengendalian inflasi dan upaya menjaga daya beli masyarakat,” kata Sultan dilansir dari Antara, Jum’at (27/4).

Bahkan, sinergi atau koordinasi antardaerah tidak hanya akan menekan laju inflasi di daerah, tetapi berlanjut pada pencapaian sasaran inflasi nasional yang rendah dan stabil.

Menurut Sultan, kunci sukses pengelolaan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat ialah melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Kedua hal tersebut, menurut dia, perlu menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan, sehingga perlu ditopang koordinasi dan sinergi kebijakan yang solid di pusat maupun daerah.

Inflasi di Indonesia, menurut Sultan, memiliki karakteristik sering dipicu faktor kejutan (shocks). Biasanya berupa gangguan produksi karena bencana alam, seperti banjir dan musim kering yang berkepanjangan. (AM)

Anggota Dewan: Dana KIP Tertahan di Bank Karena Ketidaktahuan Wali Murid

Previous article

14 Calon DPD Sudah Mendaftar ke KPU DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja