Kota JogjaNews

Merapi Erupsi Setinggi 6 Km, VONA Berubah Merah

0
wisata prokes
Ilustrasi Gunung Merapi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Erupsi Merapi kembali terjadi pada Jumat (1/6/2018) pukul 08.20 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter dari atas puncak. Hal tersebut membuat Balai Penelitian Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengeluarkan Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) dengan kode red (merah).

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan VONA Red harus dirilis apabila tinggi Gunung Merapi dan kolom melebihi 8.000 meter di atas permukaan laut.

 

“Tinggi Gunung Merapi itu kan hampir 3.000 meter, sedangkan tinggi kolom tadi 6.000 meter dari puncak. Jadi itu sudah hampir 9.000 meter, maka dikeluarkan VONA Red,” kata Hanik melalui sambungan telepon, Jumat (1/6/2018).

Hanik mengatakan, konsekuensi dari dikeluarkannya VONA Red akan menjadi pertimbangan dan wewenang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Angkasa Pura. Hanik mengatakan dari sisi Angkasa Pura akan mengolah kebijakan penerbangan baik itu jalur udara maupun lalu lintas di bandara dengan adanya VONA Red tersebut.(DEN/HARIANJOGJA)

Menolak Amarah Dengan Tari Berdaya Undu-Undur

Previous article

Hujan Abu Terjadi di Magelang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja