Kota JogjaNews

Interaksi dan Komunikasi Dorong Lansia Jadi Sehat dan Mandiri

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Hari Lanjut usia nasional (HLUN) menjadi momentum dukungan masyarakat bagi upaya mewujudkan lansia yang sejahtera.HLUN 2018 mengangkat tema Lansia Sejahtera,Masyarakat Bahagia,dengan Sub Tema Bidang Kesehatan Lansia Sehat Mandiri diwujudkan dari Keluarga Sehat. Keluarga yang sadar kesehatan akan membantu terwujud Lansia yang sehat, mandiri dan produktif.

Sigit alifianto, Kasi Bantuan Sosial dan Korban Bencana Dinas Sosial DIY sekaligus Panitia Hari Lansia Nasional DIY mengatakan Meski tidak lagi diusia produktif, para lanjut usia atau lansia perlu tetap dimotivasi untuk meningkatkan potensinya.Salah satu upaya meningkatkan potensi lansia adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan bersama para lansia.

” Komunikasi dan interaksi dengan sesama lansia itu bisa lho menimbulkan semangat sekaligus menjadi salah satu cara untuk menghambat kepikunan ” kata Sigit,saat berbincang di Program Bincang Special, Selasa ( 26/06/2018)

Dalam kesempatan yang sama,Suripto – ketua forum LKSLU DIY juga menyampaikan Masyarakat harus memberikan perhatian lebih kepada lansia.Sebab,lansia merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan dari perilaku tindak kekerasan.Selain karena secara fisik mereka sudah banyak mengalami kemunduran, lansia selalu dikonotasikan sebagai kelompok rentan yang selalu bergantung pada orang lain dan menjadi beban tanggungan keluarga, masyarakat, dan negara.

Sigit menuturkan Peringatan Hari Lanjut usia nasional (HLUN) 2018 akan dipusatkan di Lapangan Paskhas TNI AU Yogyakarta,pada 4-5 Juli 2018.Di 4 Juli,ada kegiatan musik yang merupakan kolaborasi anak muda yang bermain musik mengiringi para lansia.Di 5 Juli, kegiatan disemarakkan dengan pameran karya lansia,pemberian penghargaan dan bantuan,dimana acara akan dihadiri oleh 4 menteri.Pameran menampilkan 30 booth untuk LKS yang peduli lansia.Acara rencananya akan dihadiri 4000 tamu undangan.

Sebagai puncak acara akan digelar pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk bersama dalang Ki Seno Nugroho.Pagelaran Wayang kulit dipilih sebagai salah satu upay melestarikan kebudayaan bangsa dan juga memberikan hiburan kepada para lansia.

” Para lansia kan kangen dengan pertunjukkan wayang.Mereka bisa nonton sambil ngobrol dan bernostalgia dengan teman-temannya.Mereka juga butuh hiburan lho ” kata Sigit.(NOV/DEN)

26 Juni – Hari Anti Narkotika Internasional

Previous article

Sultan Hadiri Syawalan dengan Pemkab Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja