Kota JogjaNews

One Day For Children Ajak Masyarakat Penuhi Hak Anak

0
One Day For Children Ajak Masyarakat Penuhi Hak Anak
Dinas Sosial DIY siap menggelar hajatan One Day For Children dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional 2018

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dinas Sosial DIY siap menggelar hajatan One Day For Children dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional 2018, Rabu (8/8/2018). Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan seluruh komponen bangsa, terutama orang tua, agar senantiasa melindungi dan memenuhi hak-hak anak.U ntuk tahun ini tema yang diambil adalah Anak Indonesia Bahagia Sejahtera.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial ( Dinsos ) DIY, Pramujaya Hadi Prianto mengatakan, One Day For Children adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengajak seluruh komponen bangsa, baik pemerintah, masyarakat, dan orang tua agar saling bahu membahu mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

” Permasalahan pemenuhan hak anak tidak bisa bergantung pada satu pihak saja.Bukan semata tanggungjawab pemerintah ,sekolah atau yang sejenis.Orangtua pun harus aktif berperan ” tegas Pramujaya.

Hak-hak anak tersebut, lanjutnya, adalah hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pendidikan, hak mendapat perhatian dan lain sebagainya. Ia mengatakan pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak di DIY sudah cukup bagus.Namun meski demikian, Pramujaya Hadi Prianto mengakui masih ada beberapa anak yang masih terabaikan, entah karena kesibukan orang tua atau pun kurangnya pemahaman.

Sementara itu, dra. Lilis Sulistiyani Kasie Perlindungan Anak Dinsos DIY menyebutkan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, menurutnya punya banyak ekses negatif. Bahkan, imbuhnya, salah satu penelitian yang dilakukan Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Jogja menunjukkan, korban kekerasan seksual pada anak lebih banyak menyasar mereka yang berasal dari keluarga yang utuh.

” orangtua dan keluarga tidak boleh bersikap acuh pada perkembangan buah hatinya.Awasi juga lingkunganya agar terhindar dari masalah” ungkap Lilis.

Acara One Day For Children 2018 di gelar di Monumen Jogja Kembali (monjali) dan diikuti oleh 400 orang dan anak yang berasal dari berbagai LKSA di DIY. Dalam acara tersebut akan digelar pentas seni, nonton film tema perjuangan dan pembagian ba ntuan paket kebutuhan untuk anak berprestasi dampingan LKSA.

Integrasi Ekonomi Asean Terkendala Nomor Identitas Tunggal

Previous article

Ini Sejarah Pasar Kranggan Yang Dikunjungi Jokowi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja