Kota JogjaNews

Pemda DIY Optimalkan Rekam Data e-KTP Bagi Pelajar

0
syarat sma diy
Perekaman data kependudukan e-KTP

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemda DIY mengoptimalkan layanan perekaman data kependudukan khususnya bagi pemilih pemula pada Pemilu 2019.

Langkah ini dilakukan dengan mengundang para pelajar yang pada 17 April 2019 nanti berusia 17 tahun untuk melakukan proses perekaman Kartu Tanda Pednuduk Elektorik (e-KTP) di Bangsal Wiyotoprojo, Kepatihan, Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama hari ini dan besok, Jum’at (27/7/2018).

Mudjiono, Kasubag Data dan Informasi Kependudukan (Datinduk) Biro Tata pemerintahan Setda DIY menjelaskan kegiatan perekaman data kependudukan ini fokus untuk menyasar anak sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat umum juga bisa melakukan kegiatan serupa.

” Kami menargetkan ada 1000 pelajar yang melakukan perekaman data. Mereka kami undang melalui dinas pendidikan,” kata Mudjiono kepada Starjogja.com melalui sambungan telepon.

Ia menjelaskan e-KTP akan diberikan saat mereka telah berusia 17 tahun. Diharapkan dengan program perekaman data kependudukan ini maka pemilih pemula bisa menggunakan hak suaranya pada pemilu 2019 mendatang. Menurutnya, program ini berkolaborasi dengan kantor kependudukan di wilayah setempat.

Ada juga satu konter layanan yang akan memberikan kesempatan masyarakat umum untuk melakukan perekaman data kependudukan serta pencetakan e-KTP. Layanan tersebut akan dibuka mulai pukul 08. WIB.

” Perekaman dan pencetakan KTP elektronik ini dimulai pukul 08.30 WIB-14.00 WIB”, katanya.

Syarat untuk yang sudah perekaman data kependudukan tapi belum mendapatkan e-KTP agar membawa surat keterangan pengganti e-KTP/KTP lama. Apabila e-KTP rusak/hilang, dapat dicetak dengan yang baru dengan menyerahkan e-KTP lama/surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Untuk yang belum perekaman data kependudukan, dilakukan perekaman data kependudukan di lokasi dengan membawa fotokopi KK. Dan bagi penduduk luar DIY, e-KTP bisa dicetak asal tidak ada perubahan data.

Seluruh Calon Haji Bantul Sudah Berangkat Menuju Tanah Suci

Previous article

Kulonprogo Luncurkan belabeliku.com

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja