News

Menpora Pertama Indonesia Siapa Tahu?

0
menpora
Menpora pertama Indonesia Wikana (foto Kemenpora)

STARJOGJA.COM, SPORT – Menpora Wikana itu siapa? Banyak yang tidak tahu. Kementrian pemuda dan olah raga Indonesia pertama kali dibentuk pada tahun 1946, setahun setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Sosok Wikana yang pertama kali menjabat sebagai Menteri Negara Urusan Pemuda. Dia menjabat dari 29 Juni 1946 hingga 11 November 1947 .

Wikana merupakan salah satu tokoh penting dalam proses proklamasi kemerdekaan Indonesia bersama Sukarni, Chaerul Saleh dan pemuda pemuda yang lain. Wikana dan para pemuda menculik bung karno dan bung hatta agar secepatnya memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

Baca Juga : SMA Negeri Sayegan Wakili DIY di Kejuaraan Sepakbola U-16

Wikana terlahir dari keluarga Menak Sumedang. Ayahnya, Raden Haji Soelaiman, pendatang dari Demak Jawa Tengah. Pada era pemberontakan G – 30 S PKI, Wikana dinyatakan hilang dan sampai saat ini tak pernah kembali pulang.

Pasca Wikana, ada banyak nama yang menduduki posisi sebagai Menpora. Diantaranya adalah Supeno, Maladi, Abdul Gafur, Akbar Tanjung, Haryono Isman, Agung Laksono dan juga Roy Suryo.

Sumber : Kemepora

Bayu

Hari Olahraga Nasional Sejarah dan Faktanya

Previous article

Yayuk Basuki, Legenda Tenis Asal Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News