Flash InfoLifestyle

Jalan Licin, Minimalisir Kecepatan dan Hindari Rem Depan

0
pertolongan pertama kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan (JIBI)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati saat musim hujan tiba karena jalan licin. Seperti kita ketahui Jogja sudah diguyur hujan beberapa kali, meski intensitas hujan masih belum tinggi namun sudah mampu membuat pengendara sepeda motor basah kuyup dan jalanan menjadi licin.

Bagi pengendara sepeda motor kondisi seperti ini harus diwaspadai agar tidak terjadi kecelakaan. Pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati, sebab kalau tidak waspada bukan tidak mungkin pengendara bisa saja terjatuh.

Oleh sebab itu, seperti dikutip NTMC Polri, Kamis (20/9/2018), memasuki musim penghujan yang mengguyur wilayah Indonesia, bagi pengendara roda dua yang melaju kendaraannya saat hujan diharapkan meminimalisir kecepatan kendaraannya serta hindari penggunaan rem depan.

Baca juga: Kendalikan Emosi, Hindari Kecelakaan di Jalan Raya

Pemotor harus ekstra waspada saat berkendara dengan motor kesayangannya. Karena pemotor lebih rentang dengan bahaya, khususnya saat musim hujan.

Guna meminimalisir insiden laka saat mengendarai sepeda motor di musim hujan, yakni salah satunya pemotor harus memperhatikan jalan, jarak pandang serta cara rem kendaraan saat kondisi jalanan basah.

Sedikit berbagi tips mengenai teknik pengereman saat hujan, pemotor sebaiknya lakukan pengereman belakang saja saat hujan, karena jalanan yang basah lebih licin dan rawan selip.

Sedangkan titik handling motor berada di ban depan. Jika ban depan slip, maka motor akan sulit untuk dikendalikan.

Namun jika ban belakang yang selip, pengendara masih bisa mengontrol motor dengan ban depan, yang digerakkan setang.

Bayu

Korban Keracunan Makanan Posyandu Bertambah

Previous article

Pendaftaran CPNS Dibuka, Pemohon SKCK Naik Drastis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info