Kab GunungkidulNews

Ancaman Konten Negatif di Internet Makin Meningkat

0
konten negatif internet
Temu Netizen Jogja ( FOTO : Boby Visca)

STARJOGJA.COM.GUNUNGKIDUL- Ancaman Konten Negatif di Internet Makin Meningkat. Makin banyaknya pengguna internet,membuat ancaman konten negatif seperti hoax, bullying, radikalisme, pornografi, dan pelanggaran privasi juga cenderung makin meningkat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pada tahun 2012 pengguna internet Indonesia baru mencapai 63 juta. Namun, pada 2016, sudah melonjak menjadi 132,7 juta pengguna.

“Peningkatan pengguna internet ini, sayangnya, tidak dibarengi dengan literasi terhadap dunia digital, sebab apabila suatu negara literasi digitalnya tinggi, maka masyarakatnya semakin tidak percaya informasi atau berita mentah yang ada di internet dan media sosial. Mereka akan melakukan pengecekan, apakah informasi ini benar atau hoaks”, ungkap Semuel A. Pangerapan dalam acara Temu Netizen Jogja, Selasa ( 02/10/2018).

Ini Kiat Agar Aman Berinternet

Semuel A. Pangerapan mengungkapkan saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 65% dari total populasi. Semuel memperlihatkan rata-rata durasi penggunaan internet orang Indonesia mencapai 8 jam 44 menit. Sementara 3 jam 15 menit di antaranya digunakan untuk menatap laman media sosial.

Untuk menekan peredaran konten hoaks, Kominfo pun menggalakkan program literasi digital yang targetnya bisa dicapai dalam tiga tahun kedepan. Dalam waktu tersebut, literasi digital akan menjadi konsentrasi utama pemerintah.

“Semua menjadi kekhawatiran di dunia maya. Literasi digital merupakan kunci untuk mengatasi persoalan tersebut. Dampak teknologi tanpa literasi bisa mengakibatkan keresahan di masyarakat, dimana konten bisa difabrikasi itu berbahaya sekali. Maka kita literasi masyarakat supaya penggunaan internet itu produktif. Teknologi bukan pengendali tapi manusianya adalah pengendali,” papar Dirjen Semuel.

Tanggal 2 Oktober Ditetapkan Event Malioboro Coffee Night

Previous article

Les Baca Tulis Anak Demi Masuk SD Perlukah?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *