Jogja Bike Cara Baru Menikmati Malioboro

0
Jogja Bike
Jogja Bike Siap Dipakai untuk Berkeliling Malioboro ( FOTO : Boby V)

STARJOGJA.COM. JOGJA. Pengunjung Malioboro kini bisa berkeliling dengan menggunakan Sepeda. Jogja Bike merupakan sebuah teknologi berbasis aplikasi untuk pemakaian sepeda kayuh yang diperkenalkan kepada masyarakat oleh Pemerintah Kota Yogyakarta pada awal November. Layanan ini dapat digunakan secara gratis hingga akhir tahun 2018. Jogja Bike Cara Baru Menikmati Malioboro.

CS Jogja Bike Melayani Pengunjung ( FOTO : Boby V)

 

Baca juga : Informasi Pengalihan Arus Malioboro Dipastikan Hoaks

Teknisi Jogja Bike, Bekti Maulana menjelaskan Sepeda kayuh Jogja Bike saat ini hanya dapat digunakan di sepanjang Malioboro hingga titik nol kilometer. Jam operasional Jogja Bike dari pukul 06.00 hingga pukul 22.00 WIB. Setiap pemilik akun di aplikasi Jogja bike memiliki kuota 5 jam dalam masa uji coba hingga akhir desember 2018.

” Jika ada yang kuotanya habis, bisa mengisi kembali lewat aplikasi Jogja Bike. Mereka akan mendapatkan tambahan 5 jam yang berlaku yang berlaku sampai akhir Desember'” jelasnya saat berbincang dengan Starjogja.com, Kamis ( 08/11/2018).

Untuk saat ini sepeda kayuh Jogja Bike baru tersedia 10 sepeda dengan 3 shelter pemberhentian sepeda yang berlokasi di pintu selatan Malioboro Mall, Kepatihan dan Loco Coffee Stasiun Tugu Yogyakarta. Ke depannya, direncanakan akan ada puluhan sepeda baru untuk melayani kebutuhan masyarakat. Shelter pemberhentian sepeda pun juga akan ditambah.

Sepeda dilengkapi GPS

Sepeda kayuh Jogja Bike ini dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui posisi sepeda dan power bank serta solar cell untuk daya menghidupkan perangkat . Perangkat yang ada bisa untuk mengetahui informasi durasi penggunaan sepeda dan lokasi shelter terdekat.

Salah seorang petugas Jogja Bike menjelaskan untuk menggunakan sepeda kayuh Jogja Bike caranya cukup mudah. Masyarakat hanya cukup menginstal aplikasi Jogja Bike yang saat ini baru tersedia di Playstore Android, lalu membuat akun yang terverifikasi dengan email. Setelah terverifikasi pengguna cukup scan QR code yang terpasang di sepeda lalu kunci pada shelter akan terbuka dan sepeda siap digunakan.

” Aplikasi Jogja Bike untuk sementara hanya ada di android dan belum di iOS ” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here