Kab BantulNews

Golek Garwo, Bantu Jomblo Mencari Pasangan

0
FOTO : Kanzun

STARJOGJA.COM, BANTUL – Puluhan orang berstatus jomblo bergabung dalam acara Golek Garwo.  Golek Garwo atau  diartikan sebagai ‘mencari pasangan hidup’ ini di adakan di kantor Kecamatan Sewon Bantul, Minggu Pagi (09/12). Acara ini diikuti oleh peserta dari luar Jogja maupun dari masyarakat Sewon sendiri.

Heri, salah satu peserta yang hadir di acara ini mengaku mengikuti acara ini bertujuan untuk mencari jodoh.

“Saya tau acara ini sih dari sosial media, datang kesini tadi sendirian pengen tau acaranya,” ungkapnya kepada Starjogja.com, Minggu (9/12).

Peserta golek garwo ini bisa mendaftarkan diri berkali-kali hingga mendapatkan ‘Garwo’ nya. Dalam kegiatan tadi pagi, jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 35 peserta laki-laki dan 13 peserta perempuan.

“Peserta yang mendaftar golek garwo ini banyak peserta yang berusia 20 tahun ke atas. Tak hanya itu pernah juga yang daftar peserta tuna netra. Peserta paling muda yang pernah mendaftar berusia 19 tahun,” kata Yanto, salah satu panitia golek garwo.

Golek garwo ini diawali dari pengalaman Rian pendiri Fortais yang susah untuk mencari jodoh. Sehingga ia membuat acara ini agar masyarakat yang lain tidak mengalami hal yang sama dengan dirinya.

“Patennya sih tahun 2011 acara ini dimulai. Awalnya gak di Sewon, pernah acara ini diadakan di gedung wanita dan benteng Vredeburg tapi partisipasi dari peserta kurang, pindah ke Sewon atas saran dari Camat Sewon pada awal tahun 2017,” imbuhnya.

Para peserta yang sudah mendaftar di acara golek garwo ini diharuska untuk mempresentasikan tentang dirinya pada saat acara seperti nama, usia, pekerjaan yang di tekuni, dan asal. Apabila saat presentasi terdapat lawan jenis menanyakan tentang dirinya lebih lanjut maka proses pengenalannya pun akan dimulai.

“Pengenalan peserta bisa pas hari H acara tapi kita juga mempersilakan pengenalannya diluar acara, asalkan masih dalam batas-batas yang baik, kalo cocok bisa nikah sendiri di luar atau kita nikahkan” kata Yanto.

Kepesertaan BPJS Kesehatan Seumur Hidup

Previous article

Shodaqoh Beras dengan ATM Beras

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul