Kota JogjaNews

Ini Langkah Polres Gunung Kidul Amankan Jalur Wisata di Akhir Tahun

0
Ilustrasi Wisata Pantai Gunung Kidul ( FOTO : Harian Jogja)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Menyambut libur akhir tahun, Polres Gunung Kidul punya sejumlah langkah untuk memperlancar lalu lintas di Gunung Kidul terutama di jalur Wisata. Untuk menghadapi libur panjang, Polres Gunung Kidul melakukan program serentak di seluruh Indonesia yaitu, program Operasi lilin Progo 2018.

“Tujuan dari program ini untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna jalan terutama dari fungsi lalu lintas terkait pengguna jalan atau wisatawan yang menggunakan jalan atau yang bepergian ke arah Gunung Kidul,” ujar AKP Mega Tetuko, Kasatlantas Polres Gunung Kidul, kepada Star Jogja FM, Kamis (20/12/2018).

Ada beberapa titik yang di antisipasi oleh Polres Gunung Kidul terkait rekayasa lalu lintas utamanya Jalur Wisata Pantai, mulai jalan jalur Pantai Baron sampai dengan beberapa ruas jalan ke arah Pantai Indrayanti. Nantinya Polres Gunung Kidul juga akan menerapkan sistem satu jalur untuk kendaraan besar atau pribadi.

“Ini di lakukan karena belum semua jalan kabarnya bisa memenuhi ketika berpapasan. Dan nanti pelaksanaannya dilakukan ketika jumlah wisatawan mulai mengalami peningkatan, nanti semua nya akan kita pantau di lapangan,” tuturnya.

Untuk rekayasa lalu lintas di penghujung tahun, Polres Gunung Kidul akan melaksanakan penutupan di seputaran alun-alun Wonosari, agar masyarakat bisa menggunakan jalur di seputar Wonosari untuk berjalan kaki. Dan dari pihak Polres juga akan menyiapkan kantong-kantong parkir sebelum masuk ke Alun-alun.

“Fokus kita pada tahun baru, pada daerah Hargotumilah atau perbatasan dengan Bukit Bintang Bantul yang biasanya di gunakan masyarakat untuk rekreasi pada malam pergantian tahun. Disitu akan kita tempatkan personil untuk mengurai kepadatan jika memang terjadi,” ujarnya.

Ia menjelaskan Kemungkinan di laksanakannya satu jalur itu melihat dari kepadatan atau puncak penambahan kendaraan. Jika sudah padat, maka akan di atur melalui TPR induk Jalan Baron.

“Biasanya dari arah Wonosari ada 2 tempat yang bisa di lewati, TPR induk jalan Baron maupun Tepus, nah saat ini nantinya akan kita alihkan menjadi 1 arah. Nanti di sepanjang jalur akan ada personil yang sudah di siapkan, silahkan masyarakat jika ingin bertanya bisa langsung di tanyakan,” ujarnya.

Di Gunung Kidul nantinya akan ada beberapa pos pengamanan untuk di jalur utama seperti di daerah Hargotumilah atau Tugu Selamat Datang Gunung Kidul, kemudian ada di Bundaran Siyono daerah Pantai Baron dan daerah Pantai Indrayanti, di daerah itu semua akan ada polisi yang standby di masing-masing pos.

Polres Gunung Kidul menghimbau agar para wisatawan yang ingin berkunjung atau melintasi agar tetap berhati-hati dan men-cek kondisi kelengkapan kendaraan. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses akun Instagram dari Polres Gunung Kidul yaitu @tmc_satlantas_gunungkidul.

700 Pramuka Sleman Isi Liburan Dengan Pengembaraan

Previous article

86 Sukarelawan Terima Penghargaan PMI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja