Kota JogjaNews

LKY Minta Warga Perhatikan Legalitas Rumah Bersubsidi

0
Subsidi KPR
Ilustrasi Pembangunan RUmah ( FOTO : Bisnis.com)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) meminta masyarakat mewaspadai pengembang tidak resmi atau “abal-abal” sebelum memutuskan membeli properti. Masyarakat jangan mudah tergiur penawaran tanpa melihat aspek legalitasnya.

Koordinator Layanan dan Pengaduan LKY Intan Nur Rahmawati mengatakan, selama 2018 setidaknya ada 20 kasus jual beli perumahan di Yogyakarta yang diadukan ke LKY.LKY menerima aduan 20 konsumen yang jadi korban dugaan penipuan penjualan rumah bersubsidi oleh salah satu pengembang yang berkantor di Kabupaten Bantul

“Ada 20 konsumen yang sudah mengadu ke LKY ,” kata Intan Nur Rahmawati Kepada Starjogja, Jumat Pagi.

Menurut Intan, 20 orang yang mengadu ke LKY pada bulan November 2018 mengaku menerima tawaran pengembang untuk membeli rumah bersubsidi di Bantul sejak 2015. Rumah diklaim dijual dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) seharga Rp100 jutaan per unit dengan uang muka atau down payment (DP) Rp12 juta.

Meski dijanjikan rumah sudah akan berdiri dalam tempo 2 tahun sejak DP dibayarkan, hingga saat ini belum ada satu unit rumah yang dibangun.

“Sebagian besar korban yang mengadu merupakan masyarakat menengah ke bawah. Ada yang sudah membayar lunas, dan ada yang sudah mengangsur,” jelas Intan.

Intan menyarankan apabila rumah yang dijual dipromosikan oleh pengembang sebagai rumah subsidi, maka calon konsumen perlu mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada dinas pekerjaan umum atau instansi terkait di daerahnya. Masyarakat juga perlu memastikan aspek legalitas pengembang dengan memprioritaskan memilih pengembang yang terdaftar sebagai anggota asosiasi yang diakui pemerintah seperti Real Estate Indonesia (REI).

Cangkang Kepiting dan Udang Bisa Jadi Anti Hama

Previous article

Popularitas BTS Meningkatkan Penggemar “Hallyu” Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja