News

Popularitas BTS Meningkatkan Penggemar “Hallyu” Dunia

0
BTS meningkatkan penggemar “Hallyu
Foto : Amino Apps

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Debut pada 2013 Bangtan Boys (BTS) semakin mencuri perhatian pecinta KPOP di seluruh dunia. Meskipun sempat didera isu plagiarisme dan mendapatkan petisi pembubaran di negaranya sendiri Korea Selatan, tidak lantas membuat prestasi BTS terhenti. Bahkan dianggap popularitas BTS meningkatkan penggemar “Hallyu” atau Korean Wave.

Diperkirakan jumlah penggemar Hallyu atau Korean Wave mencapai 90 juta orang pada akhir tahun 2018. Dikutip dari Antara laporan analisis menunjukkan bahwa jumlah peningkatan penggemar Hallyu tahun lalu sebagian besar berkat popularitas boyband BTS. Dimana tahun lalu BTS menempati posisi pertama di chart album “Billboard 200” dalam album ketiga “Love Yourself: Tear”. Selain itu BTS berhasil masuk nominasi Grammy Award 2019.

Hal ini dianggap menjadi faktor yang meningkatkan minat orang Amerika terhadap musik dan budaya pop Korea. Sehingga bisa dianggap BTS meningkatkan penggemar “Hallyu dunia.

Baca Juga : Kpopers dan Fanwar Sebuah Bagian Tak Terpisahan

Menurut data Korea Foundation, yayasan yang berafiliasi dengan pemerintah Korea Selatan tercatat 1.843 klub penggemar hallyu di 113 negara, di luar Korea Selatan, per Desember 2018.

Sedangkan dikutip kantor berita Yonhap, klub penggemar hallyu secara umum beranggotakan 89,19 juta orang, meningkat 22 persen dibandingkan 2017 yang jumlah penggemar berjumlah 73,12 juta.

Disebutkan klub penggemar Hallyu meliputi organisasi pencinta penyanyi, aktor, budaya dan makanan, klub taekwondo dan komunitas budaya Korea di kampus.

Bayu

LKY Minta Warga Perhatikan Legalitas Rumah Bersubsidi

Previous article

Pernikahan Perak, Armand dan Dewi Malam ini Konser

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News