Info Kopi

Kopi, Nasibmu Tidak Sekeren Namamu

0
kopi Jawa Timur
Biji kopi luwak yang sudah kering, bersih (Foto : Satria A)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Bagi para penikmat Kopi, ada jargon yang menarik. “Live begins after Coffee”, yang artinya kurang lebih, hidup dimulai setelah kita menikmati secangkir seduhan Kopi. Berlebihan? Tidak juga. Karena ada sebagian orang yang baru bisa konsentrasi setelah menyesap Kopi di pagi hari. Kopi nasibmu seperti apa kini. 

Terlepas dari seduhannya seperti apa, yang jelas Kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Bahkan saat ini, meminum Kopi menjadi gaya hidup.

Terlepas dari kepopuleran Kopi, ternyata ada kisah miris yang mengikuti. Kopi nasibmu apakah bagus.

Baca Juga : Festival Kopi Menoreh Tarik Wisatawan Ke Kulon Progo

Penelitian terbaru menyatakan bahwa sekitar 60% spesies Kopi dunia, terancam punah. Nah lho Kopi nasibmu.

Dikutip dari CNN, peneliti senior, Aaron P. Davis mengatakan “Penting untuk memahami bahwa Kopi membutuhkan habitat di hutan agar dapat bertahan”

“Dengan makin meningkatnya penggundulan hutan, secara langsung, spesies Kopi liar, terdampak pada taraf yang mengkhawatirkan.”

Davis menambahkan “Kopi adalah jenis tanaman pemilih, karena hanya mampu tumbuh di lingkungan tertentu, sehingga peningkatan suhu dan curah hujan yang diakibatkan oleh perubahan iklim, menyebabkan Kopi tidak akan tumbuh, meskipun di lokasi yang sama dengan tempat tumbuh sebelumnya.”

Ngeri ya?

Tunggu, masih ada fakta yang akan lebih membuat anda tercengang.

Dari sebanyak 124 spesies Kopi liar, 75 diantaranya terancam punah. Dan sebanyak 35 dari 124 spesies tersebut, sayangnya tumbuh di area yang tidak memiliki perlindungan konservasi.

Ikhlas Kopi liar punah?

Perempuan India Pertama di Puncak Gunung Dikeramatkan

Previous article

Adopsi Bayi Dibuang, Prosesnya Sulit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi