Kota JogjaNews

Simpang Jetis Akan Dipasangi ATCS

0
atcs
Ilustrasi ATCS ( FOTO : Dishub DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan melanjutkan program penambahan ” Area traffic control system ( ATCS)” di lampu lalu lintas sebagai upaya mengantisipasi kepadatan simpang agar lalu lintas semakin lancar.

” Untuk jalan yang padat lalu lintasnya sudah. ATCS sudah terpasang dari kawasan jalan Adi Sucipto sampai Jati Kencana dan Simpang Gedong kuning sampai Wirobrajan, ” jelas Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto, kepada Star Jogja FM, Senin Pagi (18/02).

Menurutnya, Keberadaan ‘area traffic control system’ (ATCS) ini sangat membantu pengaturan lalu lintas di simpang. Begitu terjadi kepadatan, maka petugas bisa langsung mengatur durasi lampu lalu lintas dari ruang kontrol.

” Salah satu simpang yang direncanakan dilengkapi dengan ATCS adalah di Perempatan Jetis karena antrean kendaraan di simpang tersebut cukup padat sehingga menimbulkan antrean yang panjang,” lanjutnya.

Baca juga : Macet di Jogja Gunakan ATCS

Windarto menjelaskan proyek ini dimungkinkan akan dikerjakan pada triwulan dua. Dengan demikian, kepadatan di simpang bisa terurai.

Selain menerapkan ATCS, Windarto menyebut terdapat teknologi lain yang digunakan untuk membantu mengatur lalu lintas di simpang yaitu dengan sistem sensor seperti yang diterapkan di simpang Pingit.

Melalui sistem sensor, lampu lalu lintas akan tetap menyala hijau sepanjang jarak antar kendaraan tidak lebih dari empat detik. Namun, jika jarak antar kendaraan sudah lebih dari empat detik, maka lampu akan otomatis menyala merah dan kendaraan dari lengan simpang lain bisa melaju.

Merapi Keluarkan Awan Panas 6 Kali Pagi Ini

Previous article

Google Tau Semua Tentang Kita

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja