FeatureKota Jogja

Macet di Jogja Gunakan ATCS

0
pusat perbelanjaan bantul

STARJOGJA.COM, Jogja-  ATCS ( Area Traffic Control System ) menjadi sarana pengatur lalu lintas oleh Dinas Perhubungan kota Yogyakarta. Dengan penggunaan ATCS juga dapat memantau kepadatan kendaraan di persimpangan lampu merah juga macet di Jogja.

“ATCS akan dikontrol di CCTV room yang ada di Dinas Perhubungan kota Yogyakarta, jika terjadi kepadatan akan diambil sejumlah langkah untuk memperlancar lalu lintas,” tutur Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Yogyakarta, Mohammad Zandaru Budi ST, M.Sc., Kamis, (24/01/2019).

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga bekerjasama dengan Polresta maupun Polda DIY untuk dapat memantau keamanan di jalanan dan macet di Jogja. ATCS juga dapat berfungsi sebagai pemantauan kejahatan yang terjadi di jalanan, sehingga pelaku dapat terlihat di rekaman CCTV.

Baca Juga : Waspadai Titik Masuk Sleman Yang Rawan Macet

“ATCS kan dipasang di tiang tingginya 18 m, sehingga bisa memantau siapa saja yang lewat, bisa memantau pelaku kejahatan itu melewati jalan mana aja,” tambahnya.

Saat ini sudah ada 32 ATCS yang ada di Yogyakarta dimana 24 ATCS milik Pemerintah Kota Yogyakarta dan sebanyak 8 ATCS milik Pemerintah DIY. Ke- tiga puluh dua ATCS tersebut dapat dipantau di CCTV room Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

“ Ada tambahan ATCS di Titik Nol, untuk keamanan. ATCS-nya dari Polresta, tiangnya dari kami,”katanya.

Yogyakarta sendiri memiliki 59 simpang yang bersinyal membutuhkan ATCS. Terkait hal tersebut, Zandaru mengatakan akan menambahkan lagi titik-titik penempatan ATCS disetiap tahunnya.

“Yang sudah disiapkan untuk penambahan ATCS itu jalan Diponegoro, Jl. Magelang, Jl. Kyai Mojo, Jl. Tentara Pelajar itu yang akan diutamakan pemasangannya karena terjadi kepadatan di jalan tersebut,” imbuhnya.

Masyarakat sendiri juga dapat memperoleh Informasi mengenai kondisi jalan atau dapat mengakses ATCS, dengan menghubungi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, atau dapat mendatangi langsung kantor Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta di Jalan Imogiri Timur, Giwangan, Umbulharjo, kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan agar masyarakat juga dapat menerima informasi yang ada di pantauan ATCS ketika terjadi kejahatan di jalanan yang menimpa dirinya.

“ Kemarin ada yang minta untuk dilihatkan rekaman CCTV pelaku tabrak lari,” tambahnya.

Zandaru juga menghimbau agar masyarakat dapat tertib lalu lintas dan mentaati peraturan yang ada. Sehingga dapat memperlancar lalulintas di Yogyakarta.

Daging Anjing Masih Marak Dikonsumsi dan Dijual

Previous article

Karya Terbaru Monita Tahalea 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature