YPA-MDR Menanamkan Empat Karakter Utama di Sekolah Binaan

0
15
FOTO : Nawa

STARJOGJA.COM. JOGJA – Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) hadir membina sekolah sekolah di sejumlah wilayah. YPA-MDR menanamkan empat karakter utama pada warga sekolah di 67 sekolah binaan. Empat karakter tersebut menjadi modal penting untuk menapaki masa depan.

Sekretaris YPA-MDR Kristanto menjelaskan, Saat ini, jumlah sekolah binaan Astra menjadi 77 sekolah dengan total guru binaan 952 orang dan siswa binaan 17.086 siswa. Menurutnya, pendidikan karakter sangat penting. Oleh karena itu, seluruh warga sekolah diberikan pembinaan karakter melalui pelatihan, monitoring, hingga program pembiasaan. Karakter utama yang dikembangkan adalah kedisiplinan, kebersihan, respek, dan daya juang.

“Karakter utama tersebut hanya salah satu dari program pembinaan YPA-MDR. Program lainnya yakni akademis, kecakapan hidup, dan seni budaya,” jelas Kristanto saat berbincang di Star Jogja FM, Jumat ( 15/03/2019).

Ia menyebutkan Semua itu untuk mencapai tujuan menjadi sekolah yang unggul. Hal ini untuk melahirkan generasi muda yang mandidi dan peduli untuk membangun daerahnya sejalan dengan cita-cita PT Astra International Tbk, Sejahtera Bersama Bangsa.

Kristanto mengungkapkan, Pada 2019, bertambah sekolah binaan di daerah Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Pada tahun 2020 nanti direncanakan sekolah binaan akan menjadi sekitar 100 sekolah yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Ia menyebut tujuan utama Astra adalah mengembangkan wilayah binaan bukan untuk mengejar berapa banyak sekolah binaan. Program yang ada menitik beratkan lebih kepada peningkatan mutu pendidikan di daerah prasejahtera termasuk daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal.

“Diharapkan dalam setiap tahunnya jumlah siswa, sekolah dan guru binaan bisa meningkat terutama di daerah tertinggal,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan pihaknya terus mengembangkan diri menyesuaikan jaman. Salah satunya adalah dengan YPA-MDR Go Digital. Program itu dikembangkan di eksternal melalui Program ICT Based School untuk sekolah-sekolah binaan dan di internal melalui pembuatan YPAMDRNet.

” YPA-MDR mengupayakan sekolah yang berwawasan global. Kami menyediakan sarana-prasarana seperti sebuah laboratorium termasuk jaringan internet, perangkat computer, smart board dan SIMAK (Sistem Informasi Manajemen Akademik),” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here