Kota JogjaNews

Ini Dampak Siklon Tropis Veronika di DIY

0
Sesar Opak
Logo BMKG

STARJOGJA.COM, JOGJA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta menyebutkan keberadaan siklon tropis Veronika di Samudera Hindia diperkirakan memengaruhi kondisi cuaca di Daerah Istimewa Yogyakarta.

” Siklon ini diprediksi akan berpengaruh terhadap cuaca di DIY,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun klimatologi (Staklim) BMKG Yogyakarta Djoko Budono.

Djoko mengatakan munculnya siklon Veronika memicu terbentuknya “through” atau palung tekanan rendah di selatan Jawa. Hal itu berpotensi hujan lebat, terutama di bagian selatan Yogyakarta. Selain itu, siklon tersebut juga membentuk area konvergensi atau pertemuan angin sehingga dapat memucu pembentukan awan-awan hujan di sejumlah wilayah di DIY.

” Siklon Tropis Veronika tadi malam bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Dampaknya dalam 5 hari ke depan dapat menyebabkan hujan sedang – lebat. Waspadai juga gelombang tinggi di perairan selatan Yogyakarta dengan tinggi gelombang 2.5 – 3.0 meter,” jelasnya.

BMKG menghimbau masyarakat agar selalu mewaspadai munculnya cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, serta pohon tumbang.

Humanity Food Truck 2.0 ACT Jangkau Korban Banjir Bantul

Previous article

BPBD DIY Pasang Terpal di Lokasi Longsor Makam Imogiri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja