Kota JogjaNews

Palapa Ring Wujudkan Internet Cepat di Seluruh Indonesia

0
palapa ring
Proyek Palapa Ring - indotelko

STARJOGJA.COM. JOGJA – Pemerintah terus berupaya menghubungkan Indonesia dengan internet kecepatan tinggi. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pastikan Palapa Ring rampung pertengahan tahun 2019 ini. Palapa Ring Wujudkan Internet Cepat di Seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan pada pertengahan tahun ini hanya tinggal menyelesaikan di Papua yang sudah mencapai 91 persen.Rudiantara mengakui, tak mudah menyelesaikan infrastruktur jarinag internet cepat itu di Papua, karena medannya cukup sulit.

” Harus sewa helikopter dari Rusia untuk membawa peralatan untuk pembuatan tower jaringan internet di wilayah pedalaman. Kalau dihitung bisnis pasti tidak masuk tapi ini adalah bagian dari keberpihakan pemerintah pada persamaan akses di semua wilayah Indonesia,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan pemerintah fokus membangun Palapa Ring untuk mengejar ketertinggalan kecepatan internet. Bila semua telah diintegrasikan, Rudiantara berharap tak ada lagi daerah yang belum tersedia jaringan internet cepat.

“Selain memperluas jaringan internet di desa, juga menghubungkan internet berkecepatan tinggi di sekolah, puskesmas dan lainnya. Bagaimana cara menghubungkannya, yakni dengan Palapa Ring,” ungkap Menkominfo.

Bahkan, saat ini tengah disiapkan rencana untuk membangun satelit milik pemerintah agar bisa menjangkau semua desa.

“Saya berharap, tahun 2022 nanti satelit sudah ada dan bisa melayani seluruh desa di Indonesia,” jelas Menkominfo Rudiantara seraya mengajak untuk memanfaatkan internet dengan bijak

Menkominfo : Media Harus Ikut Bela Negara

Previous article

Museum Dirgantara Mandala Akan Jadi Museum Penerbangan Terbesar se-Asia Tenggara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja