DPRD DIY : YIA Jadikan Kulon Progo Kota Metropolis

0
25
arus mudik
FOTO : Bayu Y

STARJOGJA.COM, Kulon Progo – Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana menyebut bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) akan mengubah masyarakat Kulon Progo. Sebab, kehadiran bandara baru ini menurutnya akan menjadikan Kulon Progo kota Metropolis.

“Kulon Progo akan jadi metropolis mau tidak mau akan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk jadi sebuah daerah yang modern. Dampakanya akan jadi modernisasi kita tidak bisa mengandalkan SDA tapi kita andalkan individu dan sdmnya termasuk budayanya,” katanya kepada Starjogja 101,3 FM Rabu (8/5/2019).

Yoeke mengatakan keberadaan bandara baru YIA ini harus ditangkap dengan baik masyarakat atau pemerintah setempat. Sebab, jika tidak siap maka kesempatan adanya bandara baru ini tidak berdampak ke masyarakat.

Baca Juga : Menteri BUMN : Bandara YIA Bagus dan Halus

“Persoalan bandara ini pintu gerbang, disini tidak hanya satu akses saja termasuk menyiapkan masyarakat di DIY sendiri. Jika tidak maka yang kita harapakan tidak ada gunanya. Kita tahu Jateng ini sangat antusias sekali mereka menyiapkan infrastrukturnya kalo kita terlambat maka masyarakat  DIY akan jadi penonton,” katanya.

Menurutnya kesiapan Kulon Progo Kota Metropolis ini menjadi pekerjaan pemerintah Kabupaten juga Pemda DIY. Terutama untuk menyiapkan masyarakat menjadi warga metropolis.

“Ini tuntutan pemeritah Kulon Progo dan DIY untuk mengupgrade masyarakat,” katanya.

Kehadiran bandara skala internasional ini menurut Yoeke akan berimbas pada beberapa sektor. Tidak hanya secara ekonomi tapi juga sosial, budaya, wisata, agama hingga pendidikan.

“Bandara baru untuk menjawab tantangan soal kita dunia wisata selama ini wisatawan domistik tinggi tapi manca sangat kurang,” katanya.

Saat ini DIY menurut Yoeke menjadi primadona bagi wisatawan manca negara. Namun, karena tidak ada penerbangan langsung mereka harus ke Bali terlebih dahulu. Bandara YIA  ini akan memudahkan wisatawan manca ini langsung menikmati wisata DIY. 

“Dari survey wisatawan, Yogyakarta jadi primadona dari Tiongkok Jepang dengan bandara baru ini dengan runway bisa menerima pendaratan pesawat boeing memungkinkan pendaratan dari pesawat dari Jepang Cina Hongkong bahkan dari Arab Saudi,” katanya.

Yoeke mengaku keberadaan bandara YIA ini akan menjadikan Kulon Progo kota metropolis. Masyarakat Kulon Progo harus siap dengan tingkat kota metropolis.

“Saya yakin itu proses. Ada proses kebijakan yang mendukung dan membuat kebijakan peningkatan kapasitas tapi mereka mampu isu ekonomi dari bandara ini,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here