Kota JogjaNews

Pembangunan Bandara Baru Dorong Pertumbuhan Ekonomi DIY

0
pertumbuhan ekonomi diy

STARJOGJA.COM.JOGJA – Pembangunan Bandara Baru Dorong Pertumbuhan Ekonomi DIY.  Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) DIY pada Triwulan I 2019 mencapai sebesar 7,50 % (yoy). Capaian Pertumbuhan ini sebagian besar didorong adanya pembangunan infrastruktur Bandar Udara Baru Yogyakarta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Hilman Tisnawan mengatakan kondisi itu harus jadi perhatian pemerintah daerah agar pertumbuhan ekonomi tidak terhenti pasca selesainya proyek tersebut.

“Ke depan, setelah pembangunan infrastruktur Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) selesai diperlukan efisiensi dan inovasi agar pertumbuhan tetap terjaga,” kata Hilman Tisnawan kepada wartawan pada Buka Bersama Media (BBM), Rabu (8/5/2019).

Ia juga mengatakan pertumbuhan tersebut didorong konsumsi swasta mencapai 68 %. Selain itu, investasi dan belanja pemerintah juga turut memberikan kontribusi yang besar dalam mendorong perekonomian DIY.

BACA JUGA : Dua Bandara di DIY Akan Beroperasi Secara Bersamaan

Menurutnya, Pertumbuhan ekonomi DIY tersebut merupakan pertumbuhan tertinggi sejak perubahan tahun dasar PDRB 2010. Angka tersebut lebih tinggi dibanding pertumbuhan triwulan sebelumnya yang tercatat sebesar 7,39% (yoy) maupun periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mampu tumbuh 5,41% (yoy).

“Selain itu, kinerja perekonomian DIY juga lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi nasional maupun Jawa secara agregat, yang tumbuh sebesar 5,07% (yoy) dan 5,66% (yoy),” tandas Hilman.

Sementara itu, untuk perkembangan inflasi di DIY, Hilman mengatakan relatif terkendali dengan selalu tercatat di bawah target nasional dengan tren yang menurun yaitu tercatat 2,61% (yoy) pada Triwulan I 2019.

” Kebijakan yang fokus untuk menjaga stabilitas harga terus diupayakan untuk menjaga permintaan domestik agar tetap tumbuh,” tegasnya.

12 KPPS di DIY Meninggal Selama Proses Pemilu 2019

Previous article

Bank Indonesia Yogyakarta Siapkan Rp 5,6 Triliun Untuk Ramadhan dan Lebaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja