Flash Info

Dua Kandidat Disabilitas Jepang Menang Majelis Tinggi

0
dua kandidat disabilitas jepang
dua kandidat disabilitas jepang menang pemilihan majelis tinggi jepang (Reuters)

STARJOGJA.COM, News – Dua kandidat disabilitas Jepang memenangkan kursi dalam pemilihan majelis tinggi Jepang pada hari Minggu. Proyeksi media menunjukkan, dua kandidat disabilitas Jepang ini jadi tanda perubahan sikap terhadap orang-orang cacat di negara Sakura.

Yasuhiko Funago, wakil presiden perusahaan penyedia perawatan lansia dan pasien, memiliki Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), penyakit neurologis progresif di mana pasien secara bertahap kehilangan kendali atas sebagian besar otot mereka.

Menurut Asosiasi ALS Jepang,  sebelum dua kandidat disabilitas Jepang ini tidak ada yang sebelumnya memulai karir di parlemen setelah didiagnosis dengan penyakit ini. Kandidat lainnya adalah Eiko Kimura, yang memiliki cerebral palsy. Keduanya dari kelompok oposisi kecil, Reiwa Shinsengumi.

Baca juga : Penyandang Disabilitas Kerap Alami Kekerasan Seksual

“Kami tentu saja akan memiliki spesialis yang menemani mereka dan merawat mereka,” Taro Yamamoto, kepala Reiwa Shinsengumi.

“Tapi tanggung jawab utama untuk merawat mereka berada di parlemen, yang akan dipanggil untuk memberi mereka akomodasi yang masuk akal.”

Selain dua kandidat disabilitas Jepang yaitu Funago dan Kimura, Rie Saito, yang kehilangan pendengarannya saat masih bayi, melarikan diri dari oposisi terbesar Partai Demokrat Konstitusional Jepang. Tetapi jika Saito menang, dia akan menjadi anggota parlemen tuli pertama di Jepang pasca Perang Dunia Kedua.

Para ahli dalam masalah disabilitas mengatakan sebelum pemilihan hari Minggu bahwa pencalonan langka ini menyambut perkembangan tetapi juga dimaksudkan untuk mengisyaratkan perubahan yang lebih besar diperlukan, bahkan ketika Jepang bersiap untuk menjadi tuan rumah Paralympic Games tahun depan.

Selama kampanye pemilihan, Funago dan Kimura mengatakan mereka akan mencari reformasi pendidikan sebagai anggota parlemen untuk membantu menciptakan masyarakat di mana para penyandang disabilitas dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.

Orang dengan cacat fisik atau intelektual serta dengan gangguan mental, berjumlah sekitar 8% dari populasi Jepang.

Mendagri Atur Izin Kepala Daerah Dinas ke luar negeri

Previous article

4 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Gendut

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info