Kota Jogja

Scrubber Dryer Alat Pengepel Otomatis Malioboro

0
alat pengepel otomatis Malioboro
alat pengepel otomatis Malioboro (harianjogja)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota(Pemkot) Jogja memperkenalkan alat pengepel otomatis Malioboro yang bernama Scrubber Dryer, Selasa (23/7/2019). Nantinya akan ada dua unit ini yang akan membersihkan Malioboro setiap hari.

Alat ini berbentuk seperti mobil-mobilan yang bisa dikendarai oleh satu orang. Di bagian bawah terdapat semacam alat pengepel otomatis Malioboro lengkap dengan air untuk membersihkan lantai pedesterian. Kotoran diserap dan dikeluarkan melalui saluran tersendiri dalam bentuk cair.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan alat pengepel otomatis Malioboro ini sengaja didesain mencolok agar bisa memotivasi pengunjung untuk turut menjaga kebersihan. “Bukan umuk, tapi biar kelihatan lagi dibersihkan, jadi mereka tidak mengotori,” kata dia kepada Harian jogja.

Baca Juga : PKL di Sisi Barat Malioboro Protes Soal Lapak

Ia menuturkan alat ini akan beroperasi setiap hari dengan jam operasional menyesuaikan kebutuhan. Alat ini juga dilengkapi dengan sirine dan klakson sehingga bisa memberi tanda ke pengunjung di sekitarnya.

Di kesempatan ini ia juga mengenalkan prototipe becak listrik yang dirancang oleh Dishub DIY bekerja sama dengan UGM. “Secara bertahap becak motor kami harap bisa beralih ke becak listrik,” katanya.

Putra Mahkota Abu Dhabi Dijemput Jokowi

Previous article

Enaknya Jemaah Haji Asal Aceh, Dapat 1.200 Riyal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja