Ibukota India akan Batasi Mobil untuk Sementara Guna Atasi Polusi

0
2
india batasi mobil
FOTO : VOA Indonesia

STARJOGJA.COM, TEKNO – Ibukota India akan Batasi Mobil untuk Sementara Guna Atasi Polusi. Rencana itu disampaikan Pihak berwenang di India, pada Jumat (13/9) . pembatasan lalu lintas mobil pribadi di ibukota selama hampir dua pekan itu diambil setelah sebuah festival besar Hindu yang menampilkan acara pesta kembang api membuat kawasan itu diselimuti debu dan kabut asap beracun.

Mobil pribadi yang berbahan bakar bensin dan diesel akan diizinkan di New Delhi pada 4 hingga 15 November secara berganti-ganti berdasarkan plat nomor ganjil genap, kata menteri utama New Delhi Arvind Kejriwal.

Ia mengatakan kepada wartawan pembatasan serupa pada tahun 2016 telah mengurangi polusi udara hingga 13 persen.

BACA JUGA : Warga India Menanam 220 Juta Pohon Dalam Satu Hari

Kejriwal juga mengumumkan rencana untuk menyapu jalan dengan mesin, menanam pohon dan mengendalikan polusi di 12 titik bermasalah di kota itu. Pemerintah negara bagian akan menjual masker N-95 yang telah disertifikasi pemerintah yang menyaring sedikitnya 95 persen debu di udara.

Kejriwal mengimbau warga agar tidak menyalakan kembang api dalam festival Diwali pada 27 Oktober mendatang untuk mencegah asap terakumulasi di udara.

New Delhi menempati puncak daftar ibu kota paling tercemar di dunia pada tahun 2018, demikian dilaporkan dua kelompok pemantau lingkungan hari Selasa (5/3).

Sebuah studi oleh Greenpeace dan IQ AirVisual yang berbasis di Swiss menemukan jumlah rata-rata partikel polusi udara di New Dehli, yang dikenal sebagai PM2.5, tahun lalu sebesar 113,5 atau dua kali lipat lebih tinggi dari tingkat di Beijing.

Laporan itu mengatakan udara beracun New Dehli disebabkan oleh emisi kendaraan dan industri, asap dari pembakaran sampah dan sisa tanaman, dan debu dari lokasi konstruksi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan pedoman kualitas udara rata-rata harian 25 mikrogram PM2,5 per meter kubik udara.

Menurut laporan itu lima belas dari 20 kota yang paling tercemar di dunia ada di India, termasuk Ghaziabad dan Faridabad

SUMBER : VOA Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here