Kota JogjaNews

PMI DIY Adakan Jumpa Bakti Gembira

0
pos pertolongan

STARJOGJA.COM, JOGJA – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) akan mengumpulkan ratusan relawan dari lima kabupaten/kota di DIY dalam Jumpa Bakti Gembira .

Jumpa Bakti Gembira dan Temu Karya (Jumtek) PMI DIY I akan dilaksanakan di kawasan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Paliyan, Gunungkidul pada 26-29 September 2019. Kegiatan akan dibuka pada 27 September 2019 pukul 15.00 WIB oleh Gubernur DIY.

Baca juga : PMI DIY Siapkan 29 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama

“Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh PMI DIY ini merupakan ajang pertemuan relawan PMI untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam suasana gembira bersahabat dan partisipatif. Selain itu, momen ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antarrelawan, masyarakat dan stakeholder dalam kerja-kerja kemanusiaan. Relawan adalah garda terdepan dalam tugas kemanusiaan PMI”, tutur GBPH Prabukusumo, Ketua PMI DIY.

Rangkaian kegiatan juga akan diserahkan cincin emas untuk 15 orang pendonor darah sukarela 100 kali. Selain itu juga akan diserahterimakan satu ambulans emergency seharga Rp1.153.000.000,00 dari PT Pegadaian kepada PMI DIY.

Sementara, satu unit ambulans transportasi dari PT Natural Nusantara seharga lima ratus lima belas juta rupiah secara simbolis akan diserahkan kepada PMI Kabupaten Gunungkidul. Selanjutnya juga akan diserahkan lima unit motor first responder dari PT Natural Nusantara untuk PMI DIY dan empat PMI Kabupaten/Kota di DIY.

dr. Lipur Riyantiningtyas, Sp.F.,PKK Wakil Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI DIY mengungkapkan bahwa ada tiga agenda utama Jumtek. Yang pertama adalah Jumpa Temu, terbagi dalam kegiatan sosialisasi Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan; Workshop Manajemen Relawan; Pertemuan Relawan Tingkat Daerah, Gelar Wicara Kewirausahaan; Jurnalistik Dasar, akan menghasilkan karya relawan berupa buletin, majalah dinding, media sosial dan jurnalistik radio.

Agenda kedua adalah Bakti Karya, di antaranya adalah bakti sosial yang di dalamnya akan ada kegiatan melukis tong sampah, pilah dan kelola sampah dan kampanye ayo cuci tangan. Karya di Masyarakat, kegiatannya adalah pemeriksaan dan sosialisasi kesehatan, distribusi air bersih, penyuluhan kesehatan dan pemasangan tong sampah.

Terakhir adalah Sahabat Gembira. Dalam kegiatan ini relawan akan diberikan pengetahuan bagaimana mengelola kegiatan melalui lokakarya creative and fun.

Dominasi Kopi Brasil dan Vietnam Kian Kuat

Previous article

Putra Mahkota Saudi Akui Berperan Soal Khashoggi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja