Kota JogjaNews

Kinerja Perekonomian DIY Masih Dalam Tren Positif

0
pertumbuhan ekonomi diy 2023

STARJOGJA.COM, MAGELANG – Kinerja perekonomian DIY masih dalam tren positif. Kinerja perekonomian DIY lebih tinggi dari angka pertumbuhan ekonomi nasional. Bank Indonesia mencatat angka pertumbuhan ekonomi tinggi sekarang 6, 80% sementara angka pertumbuhan ekonomi Indonesia terjaga di angka 5,05%.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Hilman Tisnawan mengatakan Pertumbuhan ekonomi DIY masih bergantung pada tingkat konsumsi masyarakat dan juga investasi. Oleh karena itu, Bank Indonesia menyebut perlu adanya optimalisasi dari berbagai potensi subsektor unggulan di wilayah ini.

Lebih lanjut ia mengatakan , pertumbuhan ekonomi DIY dalam dua tahun terakhir lebih banyak ditopang oleh investasi yaitu pembangunan bandara baru, Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo. Nilai investasi bandara YIA yang mencapai Rp 11 triliun sempat mampu mendorong pertumbuhan ekonomi DIY mencapai angka di atas 7 persen.

BACA JUGA : Pembangunan Bandara YIA Dikebut

Menurutnya, sampai saat ini kinerja perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta masih dalam tren positif yaitu lebih tinggi dari angka pertumbuhan ekonomi nasional.

“Memang cenderung melambat seiring dengan perlambatan perekonomian global,”tutur Hilman, awal pekan ini.

Hilman mengatakan untuk terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang ada di DIY karena investasi pembangunan bandara baru di Kulonprogo sudah hampir selesai maka harus ada upaya untuk memaksimalkan potensi lain yang ada di wilayah ini.

” Harus ada optimalisasi kinerja sektor unggulan di antaranya adalah industri tekstil dan juga produk turunan, mebel dan kerajinan kayu serta jasa pariwisata yaitu akomodasi makanan dan minuman termasuk juga industri kreatif di antaranya animasi dan game yang di proyeksi dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. Selama ini itu semua belum digarap maksimal,” lanjutnya.

Beberapa sektor unggulan dapat dimaksimalkan dengan beroperasinya Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Bandara baru yang akan dilengkapi dengan Terminal kargo berstandar internasional harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

” Apalagi rencananya kan bakal jadi  Hap cargo bagi pulau Jawa. Ini peluang besar ,” pungkasnya.

Bayu

Negosiasi Gaji Bisa Dilakukan dengan Cara ini

Previous article

BI Proaktif Cegah Pelanggaran Sistem Pembayaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja