Flash InfoTechno

Boeing Akui Kesalahan atas Kecelakaan Lion Air Setahun Lalu

0
kecelakaan boeing
Ilustrasi Pecahan Badan pesawat ( FOTO : Basarnas)

STARJOGJA.COM, NEWS – Boeing Akui Kesalahan atas Kecelakaan Lion Air Setahun Lalu. Kepala Eksekutif Boeing, Dennis Muilenburg akhirnya mengakui bahwa pabrikan pesawat itu telah membuat kesalahan terkait dua kecelakaan pesawat jenis 737 MAX termasuk Lion Air yang menewaskan secera keseluruhan 346 orang.

Pengakuan tersebut berdasarkan kesaksian tertulis yang dipublikasikan kepada publik kemarin waktu setempat berdasarkan hasil sidang di depan Kongres Amerika Serikat.

“Kami telah belajar dan masih belajar dari kecelakaan ini, pak Ketua. Kami tahu kami membuat kesalahan dan membuat beberapa kekeliruan,” ujar Muilenburg memberitahu Komite Perdagangan Senat AS seperti dikutip Reuters, Selasa (29/10).

Kesaksian tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters dan dipublikasikan kemarin, menambahkan bahwa perusahaan telah melakukan perbaikan pada pesawat 737 MAX dan “memastikan bahwa kecelakaan seperti yang telah terjadi tidak akan pernah terjadi lagi.”

Muilenburg, yang dicopot dari jabatannya sebagai pimpinan Boeing awal bulan ini, juga akan bersaksi di hadapan Komite Transportasi dan Infrastruktur DPR AS besok.Muilenburg mengunjungi kedutaan Indonesia di Washington kemarin untuk bertemu dengan duta besar Indonesia untuk menyampaikan ucapan belasungkawa dan memberikan penghormatan kepada mereka yang hilang dalam penerbangan, menurut pernyataan Boeing dalam sebuah pernyataan.

Kesaksian yang disiapkan Muilenburg itu juga menyebutkan bahwa ketika pesawat 737 MAX selesai diperbaiki maka pesawat itu akan menjadi salah satu pesawat teraman yang pernah terbang.

Hari ini genap setahun peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT610 tujuan Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumumkan penyebab kecelakaan yang merupakan kombinasi dari faktor mekanik, desain pesawat, komunikasi pilot dan kopilot, dan faktor-faktor lainnya. Kecelakaan pesawat Lion Air JT610 yang merenggut nyawa 189 penumpang dan kru merupakan salah satu tragedi terpahit di dunia penerbangan.

Pesawat Boeing 737-8 (MAX) tersebut tinggal landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada 29 Oktober 2018 pukul 06.32 WIB. Beberapa saat kemudian, pilot melaporkan adanya gangguan pada sistem kendali pesawat, indikator ketinggian, dan indikator kecepatan.

SUMBER : BISNIS.COM

Bayu

Penyelenggara PUB Harus Laporkan Penyaluran Bantuannya

Previous article

Amien Rais Merestui Prabowo Jadi Menteri Jokowi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info