Health

Dinkes, ini Penyebaran Penyakit di Musim Pancaroba

0
penyebaran penyakit di musim pancaroba
penyebaran penyakit di musim pancaroba (qonitin)

STARJOGJA.COM, Info  Jogja – Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengingatkan tentang penyebaran penyakit di musim pancaroba. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Yuridia Amelia mengatakan penyebaran penyakit ini bisa mengakibatkan beberapa penyakit seperti DBD, Leptospirosis, dan Diare.

“Himbauannya agar tidak jajan sembarangan, karena bakteri ada dimana-mana,” ujarnya Jumat (01/11/2019).

Penyakit Leptospirosis juga menjadi perhatian penting terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah DAS (Daerah Aliran Sungai). Leptosphirosis ditularkan karena bakteri yang berasal dari kotoran hewan seperti tikus sehingga masyarakat harus memakai alas kaki saat kerja bakti membersihkan lingkungan.

Baca Juga : Ini Penyakit yang Sering Dialami Buah Hati di Musim Hujan

“Saat kerja bakti membersihkan selokan, banyak masyarakat yang masih enggan untuk memakai alas kaki dengan alasan supaya mudah dibersihkan. Tetapi kita harus hati-hati dengan luka yang ada di kaki kita,” ujarnya.

Penyakit DBD adalah salah satu penyakit yang penyebarannya sangat cepat. Penyebaran virus DBD pada tahun ini meningkat 4x lebih banyak, sekitar 455 kasus yang ada dari bulan Januari hingga bulan Oktober.

Dinas Kesehatan sudah memberikan surat edaran untuk menggerakan lagi pemberantasan nyamuk dan gerakan Satu Rumah Satu Jumantik dan Program Jum’at Bersih yang dilakukan oleh Kelurahan, Kecamatan, dan Puskesmas. Hal ini agar mengetahui penyebaran penyakit di musim pancaroba.

“Selain DBD dan Leptosphirosis, Diare dan Ispa juga perlu diwaspadai penyebarannya,” katanya.

UMY dan Kemenkes Luncurkan Program Kampus Sehat

Previous article

Misi Pasar Sempulur Minimkan Sampah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health